Presiden Termiskin di Dunia, Ini Dia Orangnya



Dia adalah Jose Mujica, presiden yang berasal dari Uruguay ini merupakan presiden termiskin di dunia. Sekitar 90 persen penghasilan sebagai presiden dia donasikan, dimana penghasilannya sebulan adalah 12.000 dollar. Bersama dengan istrinya, Jose Mujica lebih memilih hidup sederhana didalam sebuah rumah yang berada di area pertanian. Kondisi rumahnya hanya memiliki satu kamar tidur saja.

Presiden Termiskin di Dunia
Jose Mujica - Presiden Termiskin di Dunia
Kendaraan mobil dinas yang dia pakai merupakan mobil lama Volkwagen buatan tahun 1987. Ketika mengendarai mobil dinas tersebut, dia bersih keras agar tidak perlu menggunakan iring-iringan vooridjer. Perilaku hidupnya jika dilihat secara sekilas seperti warga biasa, tidak seperti presiden pada umumnya yang lebih cenderung terlihat mewah. Bahkan pernah suatu kejadian menghadiri pelantikan para menterinya, dia hanya mengenakan sandal dengan pakaian kemeja yang tidak rapi alias tidak di seterika.

Kebiasaannya yang hidup sederhana sudah pernah dirasakan saat pengalamannya waktu di tahanan. Sebelumnya Jose Mujica pernah ditahan selama 14 tahun. Dengan kehidupan penjara yang begitu keras mengantarkan Jose Mujica menjadi sosok yang tangguh dan berpendirian.

Presiden Termiskin di Dunia
Presiden Pada Saat Pelantikan Menteri
Pada masa kepemimpinannya sebagai presiden Uruguay, banyak peristiwa perlawanan yang dilakukan oleh Jose Mujica diantaranya adalah perlawanannya terhadap perusahaan rokok terbesar di dunia. Dia sangat menentang keberadaan rokok di negaranya, maka dikeluarkanlah peraturan untuk pelarangan merokok didepan umum, kemudian disetiap kemasan rokok diberi gambar berupa penyakit yang mengerikan dikarenakan oleh merokok.

Dengan kejadian peristiwa tersebut menjadikan negara Uruguay sebagai negara Amerika Latin yang pertama dan negara kelima yang menerapkan pelarangan merokok. Sikap yang tegas dan berani seperti inilah yang patut di contoh oleh pemimpin-pemimpin negara lainnya khususnya di negeri tercinta kita ini Indonesia.

Presiden Termiskin di Dunia
Mobil Buntut Presiden
Jose Mujica juga dikenal sebagai pemerhati lingkungan yang penuh dengan usaha dan kerja keras dalam menekan angka konsumerisme. Pernah menolak kerjasama dengan Brazil dengan menyediakan batu bara murah buat negaranya. Presiden Jose Mujica menolaknya karena dirinya lebih mementingkan lingkungan.

Dan yang terpenting lagi, dia sangat mementingkan kesejahteraan atau kemakmuran rakyatnya. Dia ada kerja untuk bagaimana kemakmuran ini bisa berjalan dengan merata di negaranya. Dan hasilnya, selama menjabat presiden sejak tahun 2010 angka kemiskinan di negaranya menurun dari 37 persen menjadi 11 persen, sungguh merupakan suatu prestasi yang sangat dibanggakan bagi seorang pemimpin seperti Jose Mujica.

Itulah kenapa Jose Mujica dikenal sebagai Presiden termiskin di dunia, karena Jose Mujica lebih mementingkan kesejahteraan rakyat, bahkan Jose Mujica pernah mengatakan "saya bukan orang miskin tapi saya lebih senang hidup sederhana, karena itu saya butuh cuma sedikit saja". Sedikit dalam artian hanya sekedar memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya.

Baca Juga: Ini Dia 10 Daftar Orang Terpintar di Dunia




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top