Siapakah Orang Terpendek di Dunia Saat Ini?



Mereka pendek, bukan berarti mereka tidak mempunyai prestasi. Kekurangan yang dimilikinya membuat mereka semakin banyak dikenal dimana-mana. Hasil catatan Guiness Book Records telah ditemukan manusia yang memiliki tubuh yang pendek dan menjadikan mereka sebagai orang terpendek di dunia saat ini. Siapa saja mereka? Mereka adalah Jyoti Amge dan Chandra Bahadur Dangi. Mari kita mengenalnya lebih dekat lagi kedua sosok orang tersebut.

Jyoti Amge
Jyoti Amge
Jyoti Amge
Jyoti Kisange Amge mendapatkan gelar sebagai orang terpendek di dunia saat di usianya genap 18 tahun. Dia adalah seorang gadis berkebangsaan India yang lahir pada tanggal 16 Desember 1993. Menurut catatan Guiness Book Records, Jyoti Amge memiliki tinggi 62.8 cm atau sekitar 2 kaki 0.6 inchi. Pada saat itu tubuh Jyoti Amge di ukur badannya tepat hari raya ulang tahunnya dan dihadiri oleh 30 kerabat di kota Nagpur. Atas rekor yang dicapai, Amge mendapatkan kado ulang tahun lainnya berlibur ke Jepang dan Italia. Tinggi badan Jyoti Amge takkan bertambah lagi karena dia sudah mengalami kekerdilan yang disebut dengan istilah Achondroplasia.

Chandra Bahadur Dangi
Chandra Bahadur Dangi
Chandra Bahadur Dangi
Chandra Bahadur Dangi lahir pada 30 November 1939 adalah warga kebangasaan negara Nepal masuk dalam catatan Guiness Book Records sebagai orang terpendek di dunia. Pria yang sudah usia lanjut ini memiliki tinggi badan hanya 54.6 cm. Kepala Guiness World Record, Craig Glenday begitu kagum Bahkan sangat mustahil untuk mendapatkan rekor orang terpendek lagi selain Dangi. Dangi juga merupakan orang tertua yang pernah memecahkan rekor pria terpendek dalam sejarah 57 tahun Guinness World Record.

Kedua sosok diatas pernah bertemu secara langsung pada tahun 2012 dan berpose bersama untuk edisi 57 tahun dari Guiness World Records 2013.

Baca Juga: Bayi Terkecil di Dunia Yang Bertahan Hidup




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top