Terowongan Paling Terpanjang Di Dunia Ada Di Negara Norwegia



Di negara eropa bagian utara tepatnya di Norwegia yang juga merupakan negara terkaya di dunia ini, memiliki sebuah terowongan yang memiliki panjang 24,51 km dan sekaligus menjadi terowongan terpanjang di dunia saat ini.
Terowongan Terpanjang Di Dunia
Terowongan Lardal
Terowongan tersebut diberi nama Laerdal dan dibuat pada tahun 1992. Terowongan ini menghubungkan antara desa-desa di Laerdal dan Aurland. Serta menghubungkan ibukota Oslo dengan Bergen dan kota-kota besar di Bergen.
Terowongan Terpanjang Di Dunia
Cahaya Di Dalam Terowongan Laerdal
Untuk melewati terowongan ini diperlukan kosentrasi penuh, karena bisa saja pengemudi akan kehilangan kendali dan menyebabkan terjadinya kecelakaan. Mungkin dibutuhkan sekitar 20 menit untuk melewati panjang terowongan ini.

Disepanjang terowongan ini juga dibuatkan tikungan halus diantara jalur yang membentang lurus, dan kalian juga akan menemukan gua besar disetiap interval 6 kilometer. Tujuannya, agar pengemudi bisa mendapatkan suasana yang baru dengan pemandangan menyegarkan, sekaligus sebagai tempat peristirahatan sejenak.
Terowongan Terpanjang Di Dunia
Gambaran Dalam Terowongan Laerdal
Untuk segi pencahayaan lampunya memberikan cahaya putih pada dinding, kemudian cahaya lampu biru dan kuning untuk ilusi para pengemudi.

Di terowongan tersebut juga terdapat instalasi pengelolaan air yang bertujuan menghilangkan debu dan nitrogen dioksida didalamnya. Udara yang datang dari kedua pintu masuk, nantinya akan dikeluarkan melalui ventalasi sepanjang 18 km yang berada di Aurland, ujung terowongan.

Bagaimana, ada yang berminat berkunjung kesana?

Baca Juga: Video Ular Terbesar Dan Terpanjang Di Dunia, Yang Nonton Pasti Akan Terkejut dan Tak Mau Melihatnya Lagi




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top