10 Hewan Teraneh Di Dunia



Terkadang kita tidak menyangka, di dunia ini masih banyak hewan-hewan yang memiliki bentuk yang aneh-aneh dan namanya pun sangat jarang terdengar di telinga kita semua.

Tak hanya bentuk dan namanya saja yang aneh tapi juga penampilannya terkesan menyeramkan untuk kalian lihat. Penasaran dengan hewan-hewan tersebut? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Inilah 10 Hewan Teraneh Di Dunia

Blue Sea Slug

Merupakan salah satu binatang laut dan termasuk hewan beracun. Hewan ini dapat mengeluarkan racun dari bulu-bulu halus di jarinya. Dengan bantuan kantung gas diperutnya dia bisa mengambang di air, hewan ini juga digolongkan sebagai siput laut, para ilmuwan masih belom mengetahui hewan ini bergerak sendiri atau tergantung oleh angin untuk bergerak.
Hewan Teraneh Di Dunia
Ukuran normal binatang ini sekitar 5 - 8 cm, yang paling besar mencapai 40 cm. Rata-rata berwarna biru, abu dengan strip putih dan biru sepanjang kakinya. Dapat ditemukan di seluruh perairan dunia khususnya di daerah tropis dan paling banyak ditemukan di sepanjang timur Samapi Selatan Afrika Selatan, perairan Eropa dan pesisir selatan Australia. Nama ilmiahnya Glaucus atlanticus biasa orang sebut Sea Swallow, Blue Glaucus, Blue Sea Slug atau Blue Ocean Slug.

Red Lipped Batfish

Atau biasa disebut ikan kelelawar (batfish), merupakan sejenis ikan dengan rentang sirip yang terbentang bagai sayap kelelawar, kebanyakan hidup di perairan Indo Pasifik. Batfish berbibir merah adalah satu-satunya ikan di dunia yang berjalan dengan keempat siripnya. Dengan sirip-sirip yang dirancang sedemikian rupa sehingga membuatnya dapat berjalan, ditambah hidung yang tampak ganjil dan bibir besar berwarna merah, rupa ikan ini betul-betul tidak lazim. Yang membuat ikan kelelawar ini mampu berjalan di dasar laut seperti manusia adalah sirip dada dan sirip panggulnya.
Hewan Teraneh Di Dunia
Dengan sirip-sirip ini, ikan kelelawar dapat berdiri di dasar laut dengan mudah, dan berjalan dengan ujung-ujung siripnya. Selain memiliki kemampuan ini, ikan kelelawar berbibir merah juga memiliki ciri yang menarik. Ia memiliki kaki tambahan kecil di atas hidungnya, yang digunakan sebagai pancing untuk menipu ikan lain. Ikan kelelawar adalah pemakan daging. Mereka menangkap mangsa ikan-ikan lainnya, ketam, larva, dan tiram-tiram kecil.

Okapi

Okapi (Okapia Johnstoni) adalah mamalia dari Hutan Hujan Ituri di Afrika Tengah. Walaupun hewan ini memiliki kesamaan belang kulit dengan zebra, Okapi memiliki perkerabatan lebih dekat dengan Jerapah. Kemiripannya dengan zebra dan jerapah menimbulkan dugaan adanya persilangan antara keduanya, tapi walaupun adanya kesamaan ciri tertentu, hewan ini sebenarnya tidak secara dekat berkerabat dengan zebra. Hewan yang berasal dari Hutan Hujan Ituri di timur laut Republik Demokratik Kongo ini baru diketahui oleh penduduk setempat pada tahun 1901.
Hewan Teraneh Di Dunia
Seekor okapi dewasa tinggi tubuhnya bisa mencapai 2 meter dengan panjang sekitar 2,5 meter. Kepala okapi sangat mirip dengan kuda dengan bulu seperti beludru berwarna merah keunguan dan coklat gelap yang berfungsi sebagai kamuflase untuk bertahan hidup di alam liar. Okapi termasuk herbivora, makanannya berupa dedaunan, tunas, rumput, bunga, jamur, dan buah. Dalam sehari, seekor okapi dewasa dapat melahap makanan sebanyak 18 hingga 30 kg. Sebagian besar spesies tanaman yang beracun bagi manusia merupakan makanan bagi okapi. Okapi adalah binatang yang lebih banyak aktif di malam hari.

Panda Ant

Orang akan menganggap ini adalah semut, tapi sebenarnya hewan ini termasuk salah satu spesies dari tawon atau lebah tak bersayap. Dikatakan dengan nama panda karena warna strip putih dan hitam yang menyerupai panda. Hewan yang memiliki bulu ini banyak ditemukan dinegara Chili. Tapi dibalik bentuknya yang lucu dan unik ini, tersimpan sengatan yang sangat berbahaya dari hewan ini.
Hewan Teraneh Di Dunia
Hewan ini kerap dijuluki sebagai Cow Killer, karena dari sengatannya yang beracun dapat melumpuhkan seekor sapi sekalipun. Para ilmuan sangat jarang melakukan penelitian terhadap hewan tersebut, sehingga informasi yang didapatkan mengenai hewan ini sangat minim. Selain itu Panda Ant tak memiliki prilaku seperti semut pada umumnya. Mereka tak memiliki tugas khusus seperti seekor semut pekerja, ratu dan lain-lain.

Goblin Shark

Goblin Shark atau ikan hiu Goblin merupakan salah satu fenomena purba yang masih bisa bertahan hidup hingga saat ini. Hewan sepanjang 1,3 meter ini memiliki warna tubuh abu-abu serta bentuk yang unik dengan moncong pipih dan panjang. Predator laut ini biasanya hidup di kedalaman 150 hingga 200 meter.
Hewan Teraneh Di Dunia
Hiu goblin sering tertangkap jaring nelayan beberapa kali sebelumnya namun jarang sekali dilaporkan dalam keadaan hidup. Rekaman video hiu goblin yang ditangkap hidup-hidup selama di akuarium menjadi petunjuk yang sangat berarti para para ilmuwan untuk mempelajarinya. Begitu mati, hiu tersebut juga langsung dibedah dan dipelajari anatomi tubuhnya. Seperti halnya hiu rumbai, hiu goblin termasuk jenis hewan yang diperkirakan muncul sejak zaman prasejarah dengan struktur tubuh yang tidak berubah selama jutaan tahun. Sejauh ini, informasi ilmiah mengenai hiu goblin masih sangat terbatas.

Eastern Long-Necked Turtle (Kura-Kura Berleher Panjang)

Spesies ini memiliki bentuk yang unik: berukuran kecil, kepala menyerupai ular, dan sisi karapas (tempurung) yang melengkung ke atas. Tidak seperti kura-kura umumnya, kura-kura leher ular ini tidak mampu menarik masuk kepalanya hingga ke dalam tempurung, karena lehernya yang panjang. Untuk melindungi bagian leher dan kepalanya itu, ia hanya melipat lehernya menyamping di bawah sisi bagian terluar tempurung. Panjang tempurung ini sendiri dapat mencapai 18 – 24 cm dengan warna coklat keabu-abuan atau kadang coklat kemerahan.
Hewan Teraneh Di Dunia
Kura kura leher ular ini tinggal di rawa, danau, dan sawah di selatan Pulau Rote. Spesies ini seringkali diperdagangkan oleh para kolektor reptil endemik internasional. Sehingga lebih sering ditemukan di penangkaran dibandingkan habitat aslinya. Setidaknya, hingga awal 1970-an, kura-kura ini mudah ditemukan di seantero Pulau Rote, seperti di sawah, kubangan, sungai, selokan, atau di sepanjang danau danau kecil di sana.

Aye-Aye

Aye-aye (Daubentonia madagascariensis) adalah hewan endemik Pulau Madagaskar yang menjadi primata noktural terbesar di dunia. Pada awalnya, penampilan aye-aye yang tidak biasa (unik) membuatnya diklasifikasikan sebagai hewan pengerat dibandingkan hewan primata. Hewan ini memiliki jari yang tipis dan panjang serta memiliki jari tengah yang lebih panjang untuk mencari dan mengambil larva dari rongga kayu. Tubuh aye-aye berwarna coklat gelap atau hitam dan memiliki ekor lebat yang ukurannya lebih besar dari tubuh mereka. Mereka juga memiliki mata yang besar dan telinga yang sensitif.
Hewan Teraneh Di Dunia
Aye-aye menghabiskan hidup mereka di pepohonan hutan hujan dan menghindari turun ke tanah. Mereka aktif di malam hari (noktural), dan menghabiskan hari mereka dengan meringkuk di sarang berbentuk bola yang terbuat dari daun dan ranting pohon. Ketika bertengger di ketinggian, aye-aye mengendap-endap di pepohonan untuk mendengarkan larva yang bergerak di bawah kulit pohon. Selain mengambil larva untuk dimakan, jari tengah aye-aye yang panjang juga berguna untuk menyendoki daging (isi) kelapa dan buah-buahan lain yang juga menjadi makanannya.

Sebagian besar masyarakat Madagaskar menganggap aye-aye sebagai hewan yang membawa pertanda nasib buruk. Dengan alasan ini, masyarakat kemudian sering membunuh aye-aye yang mereka lihat. Perburuan tersebut menjadikan kerusakan habitat aye-aye dan membuatnya terancam punah. Hingga saat ini spesies aye-aye menjadi salah satu hewan yang dilindungi oleh hukum.

Pyura Chilensis

Pyura Chilensisi bukanlah batu karang biasa, jika dipecahkan di dalamnya terdapat hewan laut yang bisa dimakan. Bagian luar yang nampak seperti batu merupakan kulit/cangkang dari hewan tersebut. Pada bagian dalam batu karang adalah bagian kulit dan otot hewan tersebut yang memiliki warna merah. Bagian otot dan kulit inilah yang selanjutnya akan diolah oleh para koki.
Hewan Teraneh Di Dunia
Namun, untuk mengambil bagian dalamnya sangatlah sulit karena cangkangnya yang sangat keras. Diperlukan pisau atau gergaji untuk membelahnya. Bagian dalam kemudian diolah menjadi masakan tumis yang dimasak dengan berbagai bumbu dan tanaman herbs. Setelah matang, masakan tumis ini disajikan dengan sambal khas. Selain dikonsumsi secara matang, daging dari batu karang ini bisa juga dikonsumsi secara mentah tanpa perlu dimasak.

Thorny Dragon

Hewan Teraneh Di Dunia
Thorny Dragon di kenal dengan julukan Naga berduri. Spesies binatang ini termasuk ke dalam jenis kadal Australia. Warnanya yang kecokelatan menyerupai warna gurun ini adalah salah satu caranya untuk melakukan penyamaran. Tinggal di tempat yang kering pada padang pasir atau semak belukar yang menutupi sebagian besar Australia. Di balik bentuknya yang menakutkan ini, sebenarnya Thorny Dragon bukanlah binatang yang berbahaya sekalipun kamu berkemungkinan bisa terluka karena durinya yang tajam. Makanannya adalah semut. Bahkan Naga Berduri ini bisa memakan ribuan semut setiap harinya.

Indian Purple Frog

Katak ungu alias purple frog masuk dalam daftar amfibi yang paling terancam punah. Daftar ini disusun Zoological Society of London (ZSL) dan dirilis 21 Januari 2008. Para ilmuwan menemukan katak ini di India barat pada 2003. Katak ini sulit ditemukan lantaran berada di dalam tanah hingga kedalaman 4 meter sekian lama. Nasikabatrachus sahyadrensis, demikian nama latin katak yang berasal dari famili Sooglossidae ini.
Hewan Teraneh Di Dunia
Katak ini lebih suka bersembunyi di bawah tanah dan keluar saat musim hujan, itu pun hanya sekitar dua pekan setiap tahun. Saat inilah katak ungu memanfaatkan waktu untuk kawin. Setelah itu katak ini akan kembali menghilang. Tubuh katak ungu hampir sama dengan sebagian besar katak lainnya, hanya saja tubuh katak ungu lebih bulat. Lengan dan kakinya melebar keluar dari tubuhnya. Kepala katak ini lebih kecil daripada katak lain dan memiliki moncong runcing. Katak ini digambarkan memiliki panjang sekitar 7 cm dari moncong hingga bagian paling belakang. Katak ungu juga bisa mengeluarkan suara yang mirip seperti suara ayam. Disebut katak ungu, karena kulitnya yang memang berwarna ungu.Semakin ungu, semakin dewasalah katak itu.

Refrensi:
http://www.iftfishing.com/blog/mancing/fishypedia/red-lipped-batfish/
http://id.wikipedia.org/
http://hazardkeropi.blogspot.com/2011/03/goblin-shark.html
http://ensiklopediaindonesia.com/flora-fauna/kura-kura-keher-ular-satwa-eksotis-khas-pulau-rote-ntt/
http://jadiberita.com/35089/pyura-chilensis-batu-karang-yang-bisa-dimakan.html
http://www.kenapasih.com/7-binatang-aneh-yang-perlu-diketahui/
http://news.detik.com/berita/1986921/ini-dia-amfibi-berbentuk-unik-yang-langka/3

Baca Juga:




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top