7 Cara Agar Bisa Melahirkan Secara Normal



Cara Melahirkan Normal - Bagi ibu hamil yang sudah memasuki bulannya, ketika hendak mendekati proses melahirkan seringkali dihadapkan dengan perasaan deg-degan. Bahkan kadang juga dibuatnya stres, karena diusia kehamilan yang sudah waktunya belum menunjukkan tanda-tanda mau melahirkan.

Ditambah lagi pernyataan dokter yang kerap kali memberikan prediksi kelahiran jatuh pada tanggal sekian-sekian. Namun ketika memasuki tanggal yang diprediksikan oleh dokter, tetap saja masih belum ada tanda-tanda. Hal ini menambah ketidak tenangan bagi ibu hamil, bahkan kepikiran dibenaknya kalau tidak lahir normal kemungkinan akan di cesar.
Cara Melahirkan Normal
Sebelum hal itu terjadi dan anda tidak mau melahirkan bayi dengan cara di cesar, maka ada baiknya untuk melakukan cara berikut ini dikutip oleh SukaSaya.com dari Bidanku.com.

Tips Agar Bisa Melahirkan Normal

1. Perbanyak Jalan Santai Menjelang Persalinan

Dengan melakukan jalan kaki secara teratur akan dapat merangsang bayi supaya cepat lahir. Posisi badan sebaiknya dalam keadaan tegak saat melakukan jalan santai, jangan juga posisi badan terlalu condong kebelakang pada saat berjalan. Berjalan santai merupakan cara murah dan mudah yang biasa dilakukan oleh ibu hamil saat menjelang persalinannya. Bahkan dengan cara ini pula sangat membantu mendorong terjadinya persalinan.

2. Lakukan Stimulasi Pada Bagian Puting Payudara

Kegiatan stimulasi puting payudara sangat membantu dalam merangsang rahim untuk berkontraksi, karena adanya pelepasan oksitosin. Anda bisa melakukannya sendiri atau bisa dibantu dengan suami, tapi ingat kegiatan stimulasi ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena bisa mengakibatkan kontraksi yang kuat sehingga mengganggu aliran darah pada janin. Sebaiknya dilakukan dengan cara perlahan-lahan, kurang lebih sekitar 5 menit dan fokuslah terhadap satu payudara dulu.

3. Lakukan Hubungan Intim Sama Suami

Banyak ibu hamil merasa takut melakukan kegiatan hubungan intim bersama suami saat usia kandungannya sudah memasuki bulannya. Mereka takut karena akan terjadi apa-apa dengan janinnya, padahal cairan sperma sang suami sangat membantu merangsang terjadinya kontraksi pada rahim serta membuat leher rahim jadi lemas. Kemudian itu juga, cairan yang dihasilkan oleh saat suami saat berhubungan membantu leher rahim jadi lunak dan siap untuk membuka.

4. Melakukan Birthing Balls

Kegiatan semacam ini kerap juga dilakukan oleh ibu hamil saat menjelang persalinannya. Caranya, anda duduk pada sebuah bola besar yang lentur dan lembut sambil menggerak-gerakkan tubuh. Hal itu bertujuan untuk membantu bayi dalam rahim ikut bergerak, sehingga posisi bayi berada pada posisi yang sangat baik.

5. Rileks Dan Hilangkan Perasaan Cemas

Merupakan hal yang wajar saat proses kelahiran sudah mendekati, maka perasaan cemas akan senangtiasa menghinggapi para ibu hamil. Untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi perasaan cemas tersebut, dengan banyak berdiskusi bersama suami atau bisa juga berkonsultasi sama dokter. Kemudian, anda juga bisa membuat agenda kegiatan yang dapat membuat kita rileks.

6. Pijat Refleksi

Untuk melakukan pijat refleksi sebaiknya dilakukan atas pengawasan atau arahan dari dokter mengenai tempat pijat refleksi yang baik. Karena kegiatan seperti ini, tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, harus betul-betul yang sudah berpengalaman. Adapun manfaat pijat refleksi ini, bertujuan untuk menyeimbangkan sistem dalam tubuh, juga merangsang untuk menuju proses persalinan.

7. Mengikuti Senam Hamil

Senam hamil juga memberikan manfaat luar biasa bagi ibu hamil, karena dapat membantu dalam melemaskan daerah pada jalan lahir bayi, membuat lancar penurunan pada bagian bawah bayi menuju jalan lahir, membantu kontraksi rahim agar lebih efektif serta membantu proses persalinan menjadi lebih lancar dan juga mudah. Sebaiknya dilakukan secara rutin dengan pengawasan instruktur yang ahli dan berpengalaman.

Demikianlah beberapa tips cara melahirkan normal, dengan mengikuti salah satu cara diatas maka Insya Allah kelahiran normal akan terealisasi tanpa harus menjalani operasi cesar.

Baca Juga: Inilah Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Secara Rutin




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top