Inilah Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Secara Rutin



Bahaya mie instan sudah bukan hal baru yang kita dengar, karena jauh sebelumnya dampak buruk dari mie instan jika dikonsumsi secara rutin sangat mempengaruhi bagi kesehatan tubuh kita. Namun, himbaun atau peringatan akan hal itu semua kurang mendapat perhatian dari masyarakat kita. Mereka masih saja doyan makan mie instan karena dianggap simpel dan memiliki rasa yang gurih.

Beberapa kasus yang pernah dialami seorang pasien disalah satu rumah sakit di Indonesia, dia harus menjalani perawatan medis karena menderita kanker usus. Penyebabnya, karena terlalu seringnya mengkonsumsi mie instan hampir setiap hari.
Bahaya Mie Instan
Inilah sudah menjadi peringatan keras buat kita semua sebenarnya akan bahaya dari mie instan. Karena mie instan dibutuhkan berjam-jam agar bisa dicerna oleh tubuh. Sehingga membuat lambung bekerja ekstra keras dan pada akhirnya memberikan efek buruk terhadap tubuh kita. Coba kalian bayangkan, apa jadinya jika mie instan ini dikonsumsi tiap hari?

Dibawah ini, ada sekitar 20 bahaya mengkonsumsi mie instan sebagaimana dikutip oleh SukaSaya.com dari halosehat.com.

20 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan

  1. Meningkatkan kadar kolesterol. Makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol bukan hanya makanan bersantan atau aneka makanan laut tetapi ternyata mie instan juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan garam yang tinggi.
  2. Kencing manis. Kandungan gula yang melimpah dalam mie instan juga memicu kita terjangkit kencing manis. Bisa saja mencapai Diabetes, bisa juga memang karena kandungan gula keluar dalam air seni.
  3. Diabetes. Mie instan meski memiliki rasa cenderung gurih juga mengandung banyak kandungan gula di mana dapat menyebabkan penyakit Diabetes. Secara tidak langsung kandungan gula tersebut diserap secara baik oleh tubuh kita.
  4. Gagal Ginjal. Kandungan Proplene Glycol juga mengundang penyakit lain yaitu merusak kerja ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita. Penyakit ginjal tersebut berupa penyakit gagal ginjal.
  5. Kerusakan hati. Mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering atau rutin dapat menyebabkan kerusakan hati. Mie instan mengandung zat berbahaya salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati.
  6. Menghambat penyerapan nutrisi. Tidak sedikit orangtua yang memberi anaknya makanan instan berupa mie. Karena alasan-alasan khusus seperti masalah waktu ataupun memang sang anak doyan dengan rasa mie instan. Padahal mie instan sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak-anak. Hal ini dikarenakan mie instan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh anak-anak. Apa lagi bagi anak-anak yang masih berusia di bawah 6 tahun.
  7. Menurunkan metabolisme. Zat kimia di dalam mie instan juga dapat menurunkan metabolisme kita. Jangan berpikir mie instan dapat memberi energi bagi kita karena sebenarnya mie instan hanya akan memberi sedikit energi dan menurunkan kembali metabolisme kita karena zat kimia tersebut.
  8. Memicu tekanan darah tinggi. Pada umumnya tekanan darah seseorang normalnya adalah 130/80. Tetapi mie instan akan menaikannya alias memicu tekanan darah tinggi terjadi karena zat kimia berbahaya di dalamnya yang tidak terlihat.
  9. Menggangu hormon seks bagi pria. Jika bagi wanita menganggu hormon bulanan, bagi pria efek negatif mie instan juga berlaku. Mie instan yang kaya kan zat kimia akan mengganggu hormon pria dalam hal seks di mana mereka tidak dapat mengontrol gairah seks mereka.
  10. Mengganggu hormon bagi wanita. Mie Instan yang dikonsumsi rutin atau berlebihan bagi wanita memberi bahaya tersendiri salah satunya mengangganggu hormon karena Sodium yang terkandung dalam mie instan. Hal ini menyebabkan jadwal bulanan seperti menstruasi dapat terganggu hingga menimbulkan jerawat.
  11. Memicu sakit kepala. Mie instan mengandung kadar MSG yang sangat banyak. MSG sangat tidak baik untuk tubuh maupun otak kita. Mengkonsumsi MSG dapat memberi efek ringan hingga serius. Sederhananya adalah sakit kepala. MSG dapat memicu timbulnya sakit kepala karena tubuh yang tidak menerima zat berbahaya ini.
  12. Mengganggu pencernaan. Karena mie instan dapat menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh, ini juga menjadikan pencernaan dalam tubuh terganggu. Pencernaan yang baik memerlukan bantuan nutrisi dan mineral yang banyak. Maka dari itu tidak sedikit yang gemar mengkonsumsi mie instan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Bahkan dapat menyebabkan lambung dan usus bocor.
  13. Memicu penyakit Stroke. Penyakit stroke yang sering menyerang sebagian orang di dunia termasuk Indonesia juga dapat datang karena mengkonsumsi rutin mengkonsumsi mie instan. Mie instan dapat menganggu kelancaran aliran darah.
  14. Keguguran bagi wanita hamil. Bagi para wanita yang sedang hamil, hindarilah makan mie instan. Zat kimia dalam mie instan juga pengawet yang kuat dapat menyebabkan keguguran. Jangan sampai sesuatu yang sudah dinantikan anda sejak lama harus hilang karena mie instan.
  15. Menyebabkan kanker. Siapa yang tidak merasa ngeri mendengar penyakit ini. Penyakit kanker memang mudah menghampiri banyak orang dengan tidak memandang usia. Dan mie instan menjadi salah satu jalan penyakit ini dapat menghampiri kita. Dengan segumpal aneka ragam zat kimia yang ditambahkan dengan bahan berbahaya lain salah satunya mie instan yang di dalam Styrofoam, kanker dapat saja dengan senang hati menghampiri. Stryfoam yang diberi air panas sangat tidak baik karena menambah zat kimia berbahaya di dalam mie instan.
  16. Obesitas. Terakhir, bahaya dari mengkonsumsi mie instan adalah obesitas. Mie instan jika dikonsumsi memberi efek mengenyangkan. Namun setelah itu dalam beberapa jam kemudian kita akan kembali merasa lapar. Padahal kalori dan karbohidrat di dalam mie instan sudah banyak. Hal ini cenderung membuat kita makan beberapa kali lipat. Apa lagi tidak sedikit yang menyandingkan mie instan dengan nasi.
  17. Membuat perut buncit dan kantung mata. Kandungan garam yang sangat melimpah dalam mie instan secara tidak langsung membuat perut menjadi buncit dan menambah kantung mata. Mengkonsumsi garam yang banyak memang dapat membuat kedua hal tersebut tidak hanya dalam mie instan saja.
  18. Penyakit jantung. Mie instan juga termasuk dalam junk food atau makanan yang miskin vitamin. Mengkonsumsi mie instan terlalu sering dapat memicu penyakit jantung. Hal ini dikarenakan Cardionmetabolic Syndrome.
  19. Membuat wajah bengkak. Selain memicu sakit kepala dan mengganggu sistem pernafasn, kandungan MSG dalam mie instan juga dapat membuat wajah merah-merah hingga bengkak. Tidak banyak yang menyadari hal ini karena biasanya tidak berlangsung lama hanya saat ketika MSG tersebut terserap dalam tubuh.
  20. Menganggu sistem pernafasan. Kandungan MSG dalam mie instan juga dapat menganggu pernafasan kita. Gejalanya yang paling utama adalah membuat kita sulit bernafas dan merasa sesak di dada. Bila memang sudah merasakan ini segera jauhi mie instan. 
Nah, setelah membaca akan bahaya dari mie instan ini, membuat diri kita untuk bisa mengurangi atau bahkan tidak lagi mengkonsumsi mie instan dan beralih pada makanan lebih sehat yang baik buat pencernaan tubuh kita.

Baca Juga:




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top