Takoyaki Dari Jantung Pisang Hasil Karya Mahasiswa Brawijaya



Takoyaki merupakan sejenis makanan yang berasal dari Kansai, Jepang, terbuat dari tepung terigu dan isinya berupa potongan-potongan kecil daging gurita atau bisa juga diisi dengan cumi-cumi yang juga sudah dipotong kecil-kecil. Bentuknya bulat dengan diameter sekitar 3-5 cm.
Takoyaki Dari Jantung Pisang Hasil Karya Mahasiswa Brawijaya
Namun di Indonesia, lima orang mahasiswa Brawijaya, Jawa Timur melakukan percobaan dengan membuat takoyaki dari jantung pisang. Kelima mahasiswa itu Nurul Arum Dewi, Beni Ardiyanto, Kadhung Prayoga, Indri Dwi Arini dan Kuni Annisa Fatimah mampu menjadikan jantung pisang sebagai makanan internasional dengan cita rasa lokal, setelah melewati beberapa kali percobaan.

Pembuatan takoyaki dari jantung pisang tidak lepas dari bimbingan dosen Wisynu Ari Gutama. Sebagaimana diketahui bersama bahwa jantung pisang memiliki banyak kandungan zat yang baik bagi kesehatan. Didalamnya terdapat zat protein, fosfor, mineral, kalsium vitamin B1, C dan kandungan serat yang tinggi.

Selain itu kandungan lemak pada jantung pisang sangat rendah sehingga memberi rasa kenyang lebih lama dan ini sangat cocok dikonsumsi bagi yang sedang melakukan program diet. Bagi penderita diabetes juga pun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jantung pisang karena indeks glikemiknya rendah.

Manfaat jantung pisang lainnya dapat mencegah stroke maupun serangan jantung karena memiliki sifat antikoagulan atau pengencer darah yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Takoyaki jantung pisang yang dibuat oleh kelima mahasiswa ini sangat berbeda dengan takoyaki pada umumnya. karena tidak memiliki banyak rongga udara sehingga sangat memanjakan mulut penikmatnya. Selain isi jantung pisang, mahasiswa ini juga membuat takoyaki dengan isi keju, coklat dan buah seperti pisang dan strawberry.

Baca Juga:




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top