Tata Cara Wudhu Nabi Dan Doa Setelah Wudhu



Diwajibkan untuk memulai sholat harus terlebih dahulu berwudhu, sebagaimana Nabi SAW bersabda:
 "Tidak ada sholat bagi orang yang tidak berwudhu, dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah Ta’ala (bismillah) ketika hendak berwudhu". (HR. Ibnu Hibban no. 399, At Tirmidzi no. 26, Abu Dawud no. 101, Al Hakim no. 7000, Ad Daruquthni no. 232. Hadits ini dinilai shohih oleh Al Albani rohimahullah dalam Shohihul Jami' no. 7514)

Lalu, bagaimana tata cara wudhu yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW? Berikut ini adalah pemaparannya disertai dengan gambar.

Tata Cara Wudhu Nabi

1. Berniat dalam hati dan tidak diucapkan
2. Mengucapkan "Bismillah"
3. Mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali, dan menyela-nyela diantara jari jemari kedua tangan (lihat gambar)

4. Berkumur-kumur dan istinsyaq (menghirup air kedalam hidung) dengan telapak tangan kanan lalu istintsar (menyemburkan air keluar) dengan tangan kiri (lihat gambar). Hal ini dilakukan sebanyak 3 kali.

5. Membasuh muka sebanyak 3 kali. Batasan muka adalah dari telinga satu ke telinga yang lain dan dari batasan tumbuhnya rambut kepada diatas kening atau dahi hingga dagu (lihat gambar).

6. Membasuh tangan kanan sebanyak 3 kali, lalu tangan kiri juga 3 kali. Dimulai dari jari dengan menyela-nyela jari jemari, lalu menggosok-gosokkan air ke lengan, kemudian mencuci siku. Demikian pula dengan tangan kiri. Atau bisa juga dari siku hingga ke ujung jari (lihat gambar).

7. Mengusap seluruh kepala sebanyak 1 kali. Kedua tangan yang masih basah dijalankan dari depan kepala kebelakang hingga tengkuk lalu kembali kedepan tempat semula (lihat gambar 1). Kemudian membasuh telinga yaitu dengan memasukkan kedua jari telunjuk ke dalam telinga dan kedua ibu jari dibagian luar telinga (lihat gambar 2).


8. Membasuh kaki kanan sebanyak 3 kali, dari ujung jari ke mata kaki. Dengan cara mencuci mata kaki dan menyela-nyela jari jemari kaki. Lalu membasuh kaki kiri seperti itu pula (lihat gambar).

Doa Setelah Wudhu

Adapun doa sesudah wudhu adalah sebagai berikut...

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tahajud Nabi Dari Berbagai Riwayat




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top