Doa Untuk Orang Sakit Agar Diberi Kesembuhan



Menjenguk orang sakit dan mendoakannya agar diberi kesembuhan merupakan perbuatan mulia disisi Allah SWT. Lihat bagaimana akhlak Rasulullah SAW ketika menjenguk orang kafir ketika sakit, padahal orang tersebut sering menyakiti Rasulullah, hampir tiap harinya didepan rumah Rasulullah sering terdapat kotoran unta yang diperbuat oleh orang itu.

Hingga suatu hari, Rasulullah tidak menemukan lagi kotoran unta didepan rumahnya. Hal itu membuat Rasulullah bertanya-tanya, dan terdengar kabar kalau orang tersebut sedang sakit.

Apa yang dilakukan Rasulullah? Apakah di balas perbuatan orang itu ataukah menertawakannnya? Tidak, justru beliau malah pergi menjenguknya dan membawakan makanan kepada orang tersebut. Dengan akhlaknya yang begitu mulia, membuat orang kafir itu mengucapkan dua kalimat syahadat dan masuk Islam.

Kita sebagai umat baginda Muhammad SAW, sudah sepatutnya menjadikan beliau sebagai panutan dalam kehidupan kita sehari-hari. Menjenguk orang sakit merupakan akhlak terpuji yang sering dilakukan oleh Rasulullah, bahkan beliau sering mendoakannya.
Adapun doa untuk orang sakit yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah adalah sebagai berikut:

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, beliau mengatakan, "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBANNAASI ADZHIBIL BA'SA WASY FIHU. WA ANTAS SYAAFI, LAA SYIFAA-A ILLA SYIFAAUKA, SYIFAA-AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAA

Artinya: "Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain." (HR Bukhari dan Muslim).

Kemudian dalam riwayat lain, yang juga diriwayatkan dari Muslim:

Dari Abu 'Abdillah Utsman bin Abil 'Ash radhiyallahu 'anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepadanya: "Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak 3 kali:

بِسْمِ اللهِ
BISMILLAH (artinya: dengan menyebut nama Allah)

Lalu dilanjutkan dengan membaca doa ini sebanyak 7 kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'UUDZU BI 'IZZATILLAHI WA QUDRATIHI MIN SYARRI MAA AJIDU WA UHAADZIRU

Artinya: "Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim)

Demikian doa untuk orang sakit yang diajarkan oleh Rasulullah, mari kita hafalkan doa ini sebagai pegangan hidup sehari-hari.

Baca Juga: Doa Ketika Masuk Dan Keluar Masjid




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top