Inilah Wilayah Kepemimpinan Wanita Menurut Islam



Allah telah menetapakan manusia sebagai khalifah dibuka bumi ini dengan menganugerahkan kepadanya bakat dan potensi kepemimpinan untuk memudahkan tugas-tugas kekhilafahan yang diembankan kepadanya.


Bagaimana dengan posisi kepemimpinan wanita, dan wilayah apa saja yang menjadi wilayah kepemimpinanya?

Rasulullah SAW bersabda: "Dan seorang wanita adalah pemimpin dirumah suaminya dan bertanggung jawab atas kepemimpinanya." (HR.Al-Bukhari)

"Dan Seorang wanita adalah pemimpin." Penggalan hadist ini menegaskan bahwa wanita berhak menjadi seorang pemimpin dan tidak harus selalu berada dibelakang sebgai objek kepemimpinan. Hal itu karena wanita juga memiliki potensi kepemimpinan, sebagaimana yang dimiliki kaum lelaki meski dengan porsi yang berbeda.

Rasulullah bersabda "Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin bertanggung jawab atas kepemimpinanya." (HR.Al Bukhari Muslim)

Lalu dimana wilayah kepemimpinan wanita?

Sesuai penggalan Hadist "Dan seorang wanita adalah pemimpin di rumah suaminya." Hadist ini menunjukkan bahwa wilayah kepemimpinan wanita adalah rumah tangga yang dibangun bersama suaminya. Hal ini tidak menafikan kepemimpinan seorang wanita di luar rumah selama dia memenuhi syarat ketentuan syariat Islam.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Untuk Melaksanakan Shalat Dhuha




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top