6 Tips Sederhana Agar Anak Makin Cerdas



Siapa orang tua yang tak menginginkan anaknya menjadi cerdas. Untuk itu diperlukan perhatian khusus dan kerja keras untuk bisa memiliki anak berotak cerdas. Apalagi di usianya yang masih anak-anak, akan sangat sulit untuk diatur karena dimasa itu anak-anak cenderung untuk terus bermain.

Yang berperan penting untuk kemajuan perkembangan otak anak adalah orang tuanya sendiri. Pada dasarnya perkembangan otak anak setiap bulannya cenderung lebih cepat dibanding orang dewasa. Peran orang tua disini adalah memberikan panutan dan pengajaran yang baik kepada buah hatinya, karena itu semua akan menyerap sempurna ke otak mereka.

Berikut ini beberapa panduan atau tips sederhana yang bisa membuat otak anak makin cerdas sebagaimana dikutip dari Boldsky.com.

6 Tips Sederhana Agar Anak Makin Cerdas
Foto: family.fimela.com

Peluk lebih dekat

Ketika merengkuh anak lebih dekat dengan tubuh, itu membuat Anda merasa lebih nyaman dan si anak menjalin ikatan kuat dengan Anda. Selain itu, pelukan membuat saraf anak lebih tenang dan melancarkan perkembangan otak.

Ajak bicara

Kala Anda mengajaknya bicara, kuatkan dengan kontak mata dan sentuhan fisik. Ini membuat anak berkembang dengan lebih positif sekaligus mengajarkannya merespon balik perkataan Anda.

Sentuhan

Hanya dalam tempo dua bulan, bayi akan mengerti bahwa mereka yang kerap menyentuhnya adalah seseorang yang penting baginya. Ini membuat bayi akan lebih nyaman di dalam pelukan dan gendongan Anda.

Mainan goyang

Mainan ini kerap disebut juga rattle toy. Cobalah tambahkan mainan ini ke dalam aktivitas hariannya dan lihat bagaimana reaksi mereka terhadap bunyi dan gerak mainan itu. Ini juga bisa jadi pengalih perhatian ketika mereka menangis.

Warna-warni

Pastikan anak dikelilingi oleh benda berwarna-warni. Ini membuat mereka mampu menganalisa dan membedakan warna yang berbeda-beda.

Main petak umpet

Anak akan mulai menganalisa ada benda yang hilang-timbul ketika Anda mengajaknya main petak umpet. Meski terlihat sederhana, cara ini ternyata membuat otaknya berkembang.

Baca Juga:




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top