Berkumur Dengan Teh Dapat Mengurangi Plak Pada Gigi Dan Cegah Sakit Gigi



Siapa sih yang tidak suka dengan minuman menyehatkan satu ini. Kayaknya semua orang pasti menyukainya. Minuman teh yang selalu disajikan hangat maupun dingin selalu menjadi pilihan tepat bagi para penikmatnya.

Teh dikatakan sebagai minuman menyehatkan karena tingginya kandungan antioksidan di dalamnya mampu memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Tak hanya diminum saja, teh bisa dimanfaatkan untuk berkumur yang berguna untuk memberikan kesehatan pada mulut terutama pada gigi.

Berkumur Dengan Teh Dapat Mengurangi Plak Pada Gigi Dan Cegah Sakit Gigi

Sebuah penelitian yang dikutip dari dailymail.co.uk, menemukan bahwa ternyata berkumur dengan teh mampu mengurangi penumpukan plak pada gigi. Penelitian yang dilakukan di India ini menggunakan 45 relawan dengan penyakit gingivitis dalam penelitiannya. Mereka diminta untuk berkumur dengan menggunakan obat kumur yang mengandung chlorhexidine dan teh setiap dua kali sehari setelah menyikat gigi. Hasilnya justru mereka yang berkumur dengan teh menunjukkan pengurangan atau penipisan plak selama masa percobaan selama 2 minggu.

"Kandungan tanin di dalam teh dipercaya memiliki manfaat hebat tersebut. Sebab tanin memiliki sifat antibakteri yang mampu mengikis atau membasmi bakteri yang menyebabkan terbentuknya plak. Sehingga plak jadi hilang dan risiko sakit gigi karenanya bisa hilang," jelas penelitian ini.

Nah, bagi yang ingin gigi tampil sehat dan bersih maka tak ada salahnya untuk mencoba berkumur dengan menggunakan teh. Selamat mencoba dan juga lupa untuk dibagikan kepada yang lain.

Baca Juga:




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top