Cara Membuat Pampis Ikan Tongkol Super Pedas



Pampis ikan adalah salah satu kudapan pedas yang sangat mengugah selera, Pampis ikan atau suwiran ikan tongkol yang dilumuri bumbu-bumbu yang menggugah selera dapat dijadikan salah satu menu favorite keluarga bagi yang pecinta pedas. Bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan cara membuatnya pun sangat mudah. Berikut bahan, bumbu dan cara membuat Pampis ikan tongkol super pedas ini.

Cara Membuat Pampis Ikan Tongkol Super Pedas

Bahan:
1 ekor ikan tongkol berat 1 1/2 kg
5 lembar daun jeruk purut, rajang halus
1 lembar daun pandan, rajang halus
1 lembar daun kunyit, rajang halus
3 batang daun bawang, rajang halus
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Yang Dihaluskan:
15 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
2 batang serai, ambil bagian putihnya
7 butir bawang merah
5 butir bawang putih
3 cm jahe
2 cm kunyit

Bumbu Lainnya:
2 sendok teh garam
1 1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara Membuat:
  1. Siapkan ikan tongkol, siangi dan cuci bersih. Jika ikan terlalu besar potong menjadi dua bagian. Lumuri permukaannya dengan 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Masukkan ke kukusan, kukus selama 35 menit hingga ikan matang, cek bagian tengahnya dengan menusuknya dengan garpu. Jika masih terlihat kemerahan kukus kembali.
  2. Biarkan ikan hingga dingin, suwir-suwir ikan menjadi serpihan kecil. Buang durinya. Sisihkan.
  3. Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan daun pandan, daun kunyit dan daun jeruk purut. Aduk rata.
  4. Masukkan ikan tongkol, aduk hingga bumbu tercampur merata dengan ikan. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata dan cicipi rasanya. Masak hingga ikan menjadi kering, tambahkan daun bawang, aduk rata dan masak hingga daun bawang layu dan matang.
  5. Angkat pampis, masukkan ke wadah tupperware, simpan di kulkas jika telah dingin. Pampis siap disantap dengan nasi hangat. Yummy!
Baca Juga:




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top