Inilah Kelebihan Orang Yang Bertangan Kidal



Istilah bertangan kidal adalah seseorang yang sering melakukan kegiatan dengan menggunakan tangan kirinya. Dikalangan masyarakat terkadang sangat khawatir jika anak mereka bertangan kidal, padahal dibalik itu, orang kidal lebih cerdas dibanding orang yang tidak bertangan kidal. Jika anak anda bertangan kidal, tugas kita sebagai orang tua harus ekstra melatih tangan kanannya untuk mengimbangi tangan kirinya. Terutama melakukan kegiatan yang disunnahkan Rasulullah misalnya makan, sesuai hadist berikut:


"Apabila kalian makan, gunakan tangan kanan. Jika kalian minum, gunakanlah tangan kanan. Karena setan makan dan minum dengan tangan kiri." (HR. Muslim)

"Makanlah dengan tangan kananmu dan makan yang ada di dekatmu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dikisahkan pula bahwa Rasulullah bersabda: "Hai anak Adam, bacalah nama Allah dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah seterusnya dengan tangan kananmu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan adanya hadist tersebut Rasulullah menganjurkan kita untuk memakan dengan tangan kanan, bahkan memulai kegiatan dengan tangan kanan, terus bagaimana dengan yang bertangan kidal? Orang yang bertangan kidal dapat melatih tangan kanannya sehingga mereka memiliki kelebihan untuk melibatkan kedua tanganya, Orang kidal bisa menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara bersamaan. Jadi tidak ada alasan untuk melatih tangan kanan yah? Berikut hasil penelitian kelebihan orang yang bertangan kidal.
  1. Orang bertangan kidal relatif punya kecerdasan lebih dibandingkan orang bukan bertangan kidal. (Guardian UK)
  2. Orang bertangan kidal memiliki kontrol emosi yang stabil dibandingkan orang bukan bertangan kidal. (National Geographic)
  3. Selepas tahun 1910, jumlah orang bertangan kidal meningkat pesat. (BBC).
  4. Diperkirakan total jumlah orang bertangan kidal mencapai 10% dari seluruh populasi dunia. (National Geographic)
  5. Medio 1970-1980an, kebanyakan orang tua (terutama di Amerika Serikat) memaksakan anaknya bertangan bukan kidal. Namun, kini, setelah gembar-gembor bahwa orang-orang bertangan kidal memiliki kelebihan kecerdasan, mereka menginginkan anak-anaknya bertangan kidal.
  6. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuropsychology menyebutkan bahwa orang bertangan kidal memiliki respons lebih cepat terhadap rangsangan dibandingkan orang bukan bertangan kidal. Ini menunjukkan bahwa orang bertangan kidal punya kreativitas lebih. Penelitian yang dilakukan oleh Australian National University ini juga mendukung teori sebelumnya, yaitu penggunaan kidal atau bukan kidal telah dimulai sejak dalam kandungan.
  7. Dr Alan Searleman dari St. Lawrence University di New York menyatakan, selain memiliki kecerdasan IQ, orang-orang bertangan kidal juga mampu melakukan seluruh kegiatan fisik.
  8. Mengutip dari laman eHow (24/5/10), selain memiliki kecenderungan sebagai orang yang atletis, orang kidal memiliki kesadaran spasial dan kecepatan berpikir.
  9. Di saat tua, orang kidal memiliki kondisi mental yang jauh lebih baik ketika kemampuan otak secara keseluruhan mulai melambat, kata para ahli.
  10. Orang bertangan kidal memiliki kemampuan untuk menggunakan kedua sisi otaknya, otak kiri dan otak kanan. Mereka akan menganalisis 'data' melalui penglihatan yang 'dikumpulkan' sisi kanan tubuhnya seperti mata kanan, telinga kanan. Kemudian, mengelolanya di otak kirinya. Begitu pula sebaliknya.
Itulah yang dapat kami paparkan dengan orang yang bertangan kidal semoga bermanfaat.

Baca Juga: Penyebab Tumbuhnya Uban Di Usia Muda




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top