Jangan Berputus Asa Jika Rejeki Tidak Sesuai Harapan



Allah sangat membenci orang yang cepat berputus asa, bukankah ada pepatah yang mengatakan bahwa yang kamu anggap terbaik belum tentu terbaik bagimu, sedangkan yang kamu anggap buruk, bisa jadi itulah yang terbaik.sesuai firman Allah
"Dan Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada yang berputus asa melainkan kaum kafir" (QS Yusuf:87)

Jangan Berputus Asa Jika Rejeki Tidak Sesuai Harapan

Rezeki Tak Sesuai Harapan

Siapa yang menentukan bahwa rezeki itu sesuai harapan atau tidak? Yang pastinya selama ini kita memakai ukuran kita sendiri (ukuran manusia) yang serba terbatas. Padahal Allah yang menciptakan kita, tahu betul apa yang kita butuhkan. Rezeki yang diberi-Nya pun sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai keinginan kita. Jika rezeki yang kita terima tidak sesuai dengan harapan, ketahuilah bahwa manusia tidak pernah merasa cukup, dan akan selalu berharap untuk mendapatkan hal yang lebih.

Apakah pantas kita kecewa pada Allah? Sesuatu yang buruk di mata kita belum tentu nantinya juga buruk. Hal-hal yang baik di mata kita belum tentu indah pada akhirnya. Karena banyak misteri masa depan yang kita tidak tahu sedangkan Allah tahu. Rezeki yang datang, yang kita terima, setelah terlebih dahulu berusaha itulah yang terbaik bagi kita.

Jangan Putus Asa

Kalaupun kita merasa bahwa usaha, upaya, ikhtiar dan kerja keras yang kita lakukan tidak sebanding Allah dan Rasul-Nya melarang kita untuk berputus asa. Hanya orang kafirlah yang berputus asa dari rahmat Allah. Mengapa? Karena mereka tidak percaya pada kekuasaan Tuhan. Mereka tidak yakin bahwa Allah akan menolong. Mereka ragu dan kalaupun bangkit hanya mengandalkan kekuatan manusia yang lemah.

Orang beriman itu jauh dari putus asa. Karena dia yakin bahwa Allah memberi rezeki sesuai dengan kebutuhannya, bukan sesuai keinginannya. Kalaupun kita telah berusaha namun rezeki tak kunjung datang maka berprasangka baiklah.

Baca Juga: Inilah Dosa Dibalik Jilbab 'Gaul'




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top