Jangan Remehkan Tumbuhan Ini, Karena Banyak Manfaatnya



Pernah lihat tanaman ini berjajaran tumbuh dipekarangan rumah? Ternyata tumbuhan ini mempunyai banyak manfaat lho. Malaysia dan India menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan dijadikan salah satu tanaman herbal.

Belimbing Pasir (Oxalis barrelieri) turut dikenali sebagai Lavender Sorrel. Mudah dibiakkan dengan menggunakan biji benih. Mempunyai buah yang kecil dan serupa buah belimbing manis. Kaya dengan oksalik asid. Tumbuh liar di perkarangan rumah. Ketinggian mencapai 1 m. Berikut manfaat daun ini.

Belimbing Pasir

Tekanan Darah Tinggi

Daun Belimbing pasir ini Secara tradisional diambil oleh masyarakat tempatan untuk merawat masalah tekanan darah tinggi.

Untuk Mengobati Demam

Belimbing pasir banyak digunakan dalam pengobatan tradisional melayu dan India untuk mengobati demam. Air rendaman daunnya yang diramas-ramas dapat menurunkan suhu badan.

Untuk Penyakit Skurvi

Penyakit Skurvi ini terjadi apabila kekurangan vitamin C dalam badan. Seseorang yang kurang vitamin C akan berasa lemah, pucat, gusi yang lembut dan giginya mudah goyang. Pendarahan di bawah kulit dan pada sekitar sendi juga mudah berlaku apabila sesoerang itu kekurangan vitamin C dalam badan. Daun ini digunakan untuk rawatan dan pencegahanya. air rendaman daunnya digunakan untuk tujuan ini.

Untuk Sakit Perut, Disentri, Dan Enteritis

Daunnya yang disegar dimakan. Daunnya juga boleh dijadikan appetizer atau pembuka selera. Daunnya yang direbus bersama mentega dan susu digunakan untuk menangani masalah berak berdarah (disentri) dan enteritis yang tidak terlalu parah. Daun segar yang ditumbuk bersama madu atau gula juga boleh digunakan untuk tujuan ini.

Untuk Merawat Penyakit Kuning

Selain daripada itu ia juga digunakan untuk merawat penyakit kuning dengan merebus nai belimbing pasir ini dan meminum airnya

Belimbing pasir karena mengandung asid oksalik yang sangat tinggi, untuk orang yang mempunyai riwayat penyakit pesakit gout, athritis dan rheumatik dilarang menggunakan tanaman herbal ini untuk pengobatan tradisiobal, Semoga info kesehatan ini bermanfaat....

Baca Juga: Awas! Makan Dan Minum Dalam Keadaan Berdiri Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top