Kue Lapis Tradisional Berbahan Dasar Tepung Beras



Kue lapis adalah salah satu makanan tradisional yang peminatnya cukup banyak, kali ini kami akan berbagi resep kue lapis tradisonal yang terbuat dari tepung beras plus santan. Bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan, cara membuatnyapun lumayan mudah. Berikut bahan dan cara membuat kue lapis tradisional ini.


Bahan:
275 gram tepung beras
100 gram tepung sagu
300 gram gula pasir
1,2 L santan cair
1/2 sdt garam
3 lembar daun pandan
5 lembar daun jeruk nipis
Pewarna kue hijau muda secukupnya
Pasta pandan
Pasta cokelat secukupnya

Cara Membuat:
  1. Rebus santan dengan garam, daun pandan dan daun jeruk nipis. Aduk-aduk hingga santan tidak pecah. Angkat dinginkan. Buang daun pandan dan daun jeruk nipis.
  2. Campur tepung beras, tepung sagu dan gula, tuangkan santan yang telah dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk. Pastikan adonan menjadi licin tanpa gumpalan.
  3. Bagi adonan menjadi tiga. Beri satu wadah dengan pasta cokelat, lalu pasta pandan di wadah lain. Jika pasta pandan masih pucat, tambahkan pewarna kue hijau muda secukupnya, aduk rata.
  4. Siapkan loyang ukuran 18x18x18 yang telah diolesi dengan minyak goreng. Masukkan loyang dalam dandang yang telah mendidih.
  5. Tuang sekitar 100-125 ml adonan warna putih. Masak selama lima menit, lalu tuang adonan warna hijau, begitu seterusnya selang seling hingga semua adonan habis.
  6. Setelah adonan habis, kukus kue selama 30 menit, lalu angkat.
  7. Potong-potong kue lapis sesuai selera, hidangkan.
Baca Juga: Resep Kue Mangkok Warna-Warni Lezat




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top