Martabak Kentang Kuah Cuko



Martabak adalah makanan yang sangat enak dimakan pada kesempatan apapun. Resep martabak ini kami ambil dari ibu tuti yuniarti adiwirya dari sosmed. Bahan yang digunakan untuk membuat martabak ini sangat mudah, berikut bahan dan cara membuat martabak kentang kuah cuko ini.

Martabak Kentang Kuah Cuko

Bahan Kulit:
2 gelas kecil tepung terigu
1 butir telur ayam
200 cc/1 gelas air
2 sdm tepung sagu
garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
1/4 kg kentang rebus, kupas kulitnya potong dadu kecil-kecil
2 tangkai daun bawang, daun seledri secukupnya
1 butir telur ayam
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu:
3 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 butir merica kasar
Garam secukupnya
setengah cangkir air

Cara Membuat Bahan Isi:

Semua bumbu dihaluskan, tumis hingga harum , tambahkan sedikit air setelah mendidih, masukan telur aduk cepat hingga membentuk seperti orak arik telur, lalu masukkan kentang rebus yang sudah di potong kecil-kecil, terakhir tambahkan daun bawang, seledri aduk rata. Masak hingga airnya meresap/mengering. Angkat dinginkan.

Cara Membuat kulit Martabak Kentang:

Campur tepung terigu dan Sagu tambahkan air ,telur, beri sedikit garam..aduk rata boleh dengan mixer atau dengan sendok saja, takaran air boleh ditambah atau dikurangi sesuaikan dengan encer atau tidak nya adonan. (Adonan jangan terlalu kental)

Panaskan dengan api kecil, wajan datar anti lengket diameter kurang lebih 15 cm beri beberapa tetes minyak atau mentega oleskan tipis saja. Setelah wajan panas masukan 2 sendok makan atau lebih adonan kulit masih cair. Posisi wajan tetap di atas api kompor. Sambil diputar cepat hingga membentuk kulit dadar tipis merata tidak sobek/bolong-bolong. Setelah matang angkat. Ulangi terus membuat dadar kulit martabak, hingga adonan habis.

Kemudian isi kulit martabak dengan 1 sdm bahan isi, bentuk seperti melipat amplop, rekatkan dengan putih telur. Setelah semua kulit martabak sudah di isi. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng martabak dengan api sedang hingga warnanya kuning keemasan. Angkat tiriskan. Selesai deh.

Martabak Kentang bisa dinikmati dengan cabe rawit utuh, atau kuah cuko yang biasa untuk pempek.

Cara Membuat Kuah Cuko:

Didihkan 1 liter air, masukkan 1/4 kg gula aren/gula jawa yang wrnanya agak hitam, tambahkan larutan air asam jawa secukupnya sesuaikan selera. haluskan 7 siung bawang putih + 10 buah cabe rawit atau sesuaikan dengan selera, garam secukupnya. Setelah halus masukkan ke dalam rebusan air gula dan asam jawa sudah mendidih. Aduk sebentar. Matikan kompor. Dinginkan kuah cuko. Setelah dingin, saring, buang ampasnya. Selesai deh..

Selamat Mencoba.

Resep Oleh: Tuti Yuniarti Adiwirya

Baca Juga: Brownies Keju Panggang Ala Bayu Putra




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top