Mengapa Ketika Lari Sering Kali Kita Merasa Capek?



Berolahraga khususnya berlari membuat kita cepat lelah bahkan merasa haus, apakah anda juga merasakan hal seperti itu? Ternyata hal itu dialami setiap orang. Berikut kami akan menjelaskan kenapa rasa capek dan haus itu terjadi setelah berolah raga atau berlari.

Mengapa Ketika Lari Sering Kali Kita Merasa Capek?

Ketika kita merasakan capek setelah berlari dalam waktu yang cukup lama itu karena kebutuhan oksigen meningkat yang tidak diimbangi dengan kemampuan paru-paru untuk menyaring oksigen. Akhirnya otak memerintahkan paru-paru untuk melakukan pernapasan anaerob atau pernapasan tanpa oksigen. Pernapasan dengan cara ini menyebabkan otot memproduksi asam laktat berlebih. Ini nih yang bikin kita merasa letih, nyeri, dan merasa capek setelah berlari selama beberapa waktu.

Saat berolahraga baik lari maupun olahraga lainnya, kebutuhan air menjadi lebih banyak karena suhu tubuh meningkat dan tubuh menjadi panas. Suhu yang meningkat tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Berkeringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan panas tubuh. Keringat yang keluar ini sebagian besar terdiri atas air sehingga kita jadi merasa haus ketika berlari. Supaya tidak dehidrasi pastikan selalu sedia air minum ya ketika berolahraga.

Nah itulah penjelasan ilmiah mengapa ketika kita berolah raga atau berlari kita merasa haus dan kecapean. Semoga penjelasan tersebut menambah pengetahuan tentang tubuh kita dan kebiasaan yang terjadi setelah melakukan aktivitas berolahraga.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Ingat Otak Dengan Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Seperti Ini




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top