Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Tubuh Kita



Banyak dikalangan kita sangat meremehkan sarapan pagi, padahal sarapan pagi sangat memberikan manfaat bagi tubuh kita. Sebagaimana kita ketahui kalau manusia memiliki tiga waktu makan dalam satu hari, yaitu makan pagi atau sarapan, makan siang, dan makan malam. Normalnya, ketiga waktu makan tersebut dipenuhi, tetapi pada saat-saat tertentu mungkin diantara kita harus melewatkan salah satu waktu makan tersebut dan yang paling sering atau kebanyakan orang melewati waktu sarapan atau makan pagi.

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Tubuh Kita
Foto: female.kompas.com

Seberapa penting sih sarapan itu sebenarnya?

Sarapan adalah makanan pertama yang kita makan setelah selama tidur tidak mendapat asupan makanan dan nutrisi. Secara tidak langsung, hal ini ternyata berpengaruh terhadap otak kita. Saat sarapan, otak kembali mendapatkan asupan nutrisi. Imbasnya, otak menjadi tahu bahwa kita sudah siap untuk memulai aktivitas kita hari ini. Kemudian otak akan membangunkan sistem tubuh dan memulai metabolismenya untuk melalui berbagai aktivitas seharian.

Jika kita melewatkan sarapan, otak tidak tahu bahwa kita sudah siap memulai aktivitas. Hal ini berdampak pada proses metabolisme, sehingga kalori yang dibakar dalam proses tersebut menjadi tidak efisien. Takut gemuk jika sarapan? Ternyata jika tidak sarapan, kamu justru semakin mudah gemuk lho. Logikanya, ketika kamu melewatkan sarapan, tubuhmu masih merasa lapar.

Nah, hal ini akan membuat kamu semakin lapar lagi di siang hari, dan cenderung menghabiskan porsi makan yang banyak di waktu makan siang. Kita juga jadi cenderung lebih cepat lapar, sehingga diwaktu siang kita akan lebih cepat lapar dari biasanya. Hal ini juga akan berpengaruh pada mood dan kinerja kita sepanjang hari. Nah itulah salah satu pentingnya manfaat sarapan pagi bagi tubuh kita, semoga bermanfaat.

Baca Juga:  




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top