Resep Cara Membuat Opor Ayam Putih



Setelah membagikan resep opor ayam kuah kuning kali ini kami akan bagikan opor ayam kuah putih, bahan yang digunakan sangat mudah kita dapatkan. Opor ayam putih ini bisa dipraktekkan dirumah, dan dijadikan sebagai salah satu menu untuk keluarga tercinta. Berikut bahan, bumbu dan cara membuat opor ayam putih ini.

Resep Cara Membuat Opor Ayam Putih

Bahan:
  • 1 ekor ayam negeri ukuran sedang. Cuci bersih dari kotoran dan darah yang ikut menempel lalu dipotong 10 bagian atau sesuai selera (Jangan terlalu sedikit memotongnya supaya lebih enak dan rapi saat disajikan di meja).
  • 2 lembar daun salam untuk bumbu opor ayamnya.
  • 2 batang serai, cuci bersih lalu memarkan supaya cepat meresap dan tercampur dengan bumbu lain.
  • 2 cm lengkuas ukuran sedang besar. Cuci bersih lengkua yang akan digunakan lalu memarkan juga.
  • 1.500 ml santan dari parutan 1 butir kelapa. Bisa juga memakai santan instan yang banyak dijual di toko, tetapi saya pribadi lebih menyukai santan dari parutan kelapa karena rasanya lebih gurih dan legit.
  • 3 1/4 sendok teh garam yang mempunyai kandunga yodium supaya lebih sehat.
  • 1 sendok makan gula pasir putih.
  • 2 sendok makan minyak goreng atau bisa juga menggunakan mentega untuk menumis bumbu bumbu halusnya nanti.

Bumbu Halus:
  • 8 butir bawang merah ukuran sedang besar. Lebih enak kalau memakai bawang merah lokal supaya aromanya tercium.
  • 4 siung bawang putih ukuran sedang besar.
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 1 1/2 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai
  • 1/4 sendok teh jintan

Cara Membuat:
  1. Langkah pertama adalah haluskan berbabagai macam bahan bumbu halus diatas. Lebih bagus kalau di uleg supaya aromanya lebih tercium dan kuat rasa bumbunya.
  2. Ambil penggorengan, beri minyak secukupnya lalu tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daun salam, serai, dan lengkuas. Aduk aduk lagi supaya semua bumbu tercampur rata dan tumis sampai harum.
  3. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong potong sesuai selera. Aduk aduk dan masak sampai sampai berubah warna.
  4. Tuangkan santan kelapanya, garam dapur beryodium, dan gula pasir. Masak sambil diaduk aduk supaya bumbu tercampur dan merasuk sampai ayam matang dan empuk.

Tips Cerdas Memasak Opor:
  1. Pertama-tama, siapkan ayam segar utuh dan potong-potong sesuai bagiannya. Ayam kampung akan menghasilkan opor dengan cita rasa yang lebih istimewa.
  2. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, pala, kemiri, ketumbar, jinten, dan lain-lain hingga menjadi pasta bumbu berwarna putih.
  3. Siapkan santan segar. Jika tidak sempat membuat santan segar sendiri, Anda dapat menggunakan santan cair kemasan maupun santan bubuk. Jika Menggunakan santan cair kemasan, Anda dapat langsung menggunakannya tanpa perlu tambahan air jika ingin hasil yang lebih kental dan gurih. Jika menggunakan santan bubuk, larutkan dengan air dan atur kadar kekentalan santan sesuai selera Anda.
  4. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan air ke dalam kuali. Masukkan ayam dan masak hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukkan santan perlahan-lahan. Lalu aduk-aduk hingga santan dan air tercampur. Masak hingga ayam matang dan kuah opor mengental. Agar lebih nikmat, masukkan batang serai, daun jeruk, dan daun salam pada saat proses perebusan. Tambahkan juga bumbu Royco rasa Ayam agar makin nikmat.
  6. Setelah matang, Anda bisa menyajikan opor ayam dengan nasi ataupun ketupat. Selamat mencoba.
Baca Juga: Cara Membuat Resep Opor Ayam Bumbu Kuning




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top