Resep Cara Membuat Kue Apem Kukus Gula Merah



Resep Kue Apem - Kue apem adalah salah satu kue tradisional yang proses memasaknya dengan cara di kukus, bahan inti pembuatan apem ini adalah tepung beras dicampur dengan tepe singkong yang dihancurkan. Kue apem sendiri banyak dijual diwarung-warung dan menyukainya pun sangat banyak. Teksturnya begitu lembut saat dimakan dan rasanya agak manis dimana diatasnya ada taburan kelapa parut. Berikut kami akan bagikan resep cara membuat kue apem.

Resep Kue Apem

Bahan:
Tepung beras 125 gram
Tape singkong 75 gram
Gula merah 75 gram
Santan kental 115 ml
Air kelapa 100 ml
Kelapa parut kukus sebagai taburan

Cara Membuat:
  1. Langkah awal sisir halus gula merah, sisihkan.
  2. Haluskan tape singkong dengan cara diremas-remas, lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya campurkan tape singkong yang telah dihaluskan, gula merah sisir dan air kelapa yang sudah disiapkan tadi. aduk hingga rata, lalu saring.
  4. Setelah itu masukkan tepung beras dalam wadah lalu tuangi dengan campuran tape singkong secara bertahap sambil ditepuk dan diaduk dengan menggunakan tangan hingga kalis kurang lebih selama 15 menit.
  5. Tambahkan santan kental lalu diamkan selama kurang lebih 12 jam pada suhu hangat.
  6. Kemudian panaskan dandang hingga beruap banyak, lalu siapkan loyang (sesuai selera) jangan lupa olesi seluruh permukaanya dengan minyak goreng.
  7. Terakhir tuang adonan kedalam loyang dan kukus kurang lebih selama 30 menit hingga matang. Angkat lalu sajikan dengan kukusan kelapa parut.
Baca Juga: 




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top