Resep Onde-Onde Wijen Isi Kacang Hijau



Nah, satu lagi resep kue tradisional yang patut kalian coba yakni Resep Onde-Onde Wijen Isi Kacang Hijau. Disini sudah pasti kenal dengan resep kue satu ini, kue onde-onde ini berbahan dasar tepung ketan, tepung sagu dan tepung beras. Dan menariknya lagi didalamnya terdapat isian kacang hijau serta kulitnya dibaluri dengan wijen. Penasaran, bagaimana cara membuatnya? Berikut ini adalah resepnya.

Resep Onde-Onde Wijen Isi Kacang Hijau

Bahan Adonan Kulit:
250 gram tepung ketan
3 sdm tepung beras
2 sdm sagu
4 gula pasir
1/4 sdt garam
200ml /1 gelas (jangan penuh) santan sedang/jangan terlalu encer. Santannya dimasak dulu sampai mendidih. Supaya tidak mudah basi, lalu dinginkan hingga hangat kuku. Bagi adonan kulit menjadi 25 bagian.

Bahan Pelapis:
2 ons biji wijen

Bahan Isi:
100gr kacang hijau.
2 lembar daun pandan.
100 gram gula pasir, boleh juga manisnya sesuaikan dg selera.
Garam secukupnya

Cara Membuat Adonan Isi:
  1. Kacang hijau cuci bersih,
  2. Rendam 1 atau 2 jam. Kemudian rebus, airnya jangan terlalu banyak. 
  3. Setelah air rebusan mendidih matikan kompor, diamkan kira-kira setengah jam, sampe kacang ijo empuk.angkat kacang hijau dari air rebusan. 
  4. Lalu tiriskan. tambahkan 3 sdm gula pasir, 1/2 sdt garam, setengah gelas santan. 
  5. Aduk-aduk sampai rata, masak hingga diatas wajan anti lengket. Masak hingga matang dan airnya kering, jangan sampai gosong, tunggu agak dingin, bulatkan adonan isi, menjadi 25 bagian.

Cara Membuat Adonan Kulit:
  1. Masukan tepung ketan, tepung beras, sagu, gula, garam. Aduk jadi satu, uleni pakai tangan biar tercampur rata.
  2. Masukan santan sedikit-sedikit sampe kalis, jangan terlalu kering. Bulatkan menjadi 25 bagian, pipihkan dan isi dengan adonan isi yang sudah dibentuk bulat-bulat. Bentuk bulatan cantik besar atau kecil sesuaikan dengan selera. Lakukan terus hingga adonan habis.
  3. Gulingkan onde-onde yang sudah dibentuk ke wijen. Goreng dengan minyak yang banyak, api kecil. Saat menggoreng, minyak panasnya disiram-siramkan supaya onde-ondenya mengembang bulat. Goreng hingga kuning keemasan. Selesai deh.

Tips supaya biji wijennya tidak rontok saat digoreng. Usahakan bikin adonan kulitnya jangan terlalu kering. Biarkan agak sedikit lembab supaya biji wijennya melekat dengan sempurna. Demikianlah resep cara membuat onde-onde wijen isi kacang hijau.

[By: Tuti Yuniati Adiwirya]

Baca Juga: Cara Membuat Bakso Ayam Kuah Gurih




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top