Seringlah Membaca Kalimat Ini, Karena Setan Akan Mengecil Seukuran Lalat



Dalam situasi apapun Islam mengajarkan agar kita bisa menjaga dari segala ucapan yang kasar atau kata-kata yang tidak baik. Dan tanpa disadari, umumnya seseorang jika kesal oleh sesuatu maka tak disengaja dimulutnya mengeluarkan kata 'setan'.

Seringlah Membaca Kalimat Ini, Karena Setan Akan Mengecil Seukuran Lalat

Padahal Rasulullah telah melarang kita semua untuk tidak mengumpat kata-kata setan. Hal itu dikarenakan setan akan semakin besar sebesar rumah.

Rasulullah justru mengajarkan ucapan atau kata-kata yang baik, dan salah satu kalimat yang diajarkan oleh Rasulullah dan membuat setan itu mengecil adalah kalimat 'basmalah' atau lebih lengkapnya 'Bismillahirrohmaanirrohiim'.

Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Walid Abu Malih, ayahnya yang pernah dibonceng Rasulullah menceritakan:

كُنْتُ رَدِيفَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَعَثَرَتْ دَابَّتُهُ فَقُلْتُ تَعِسَ الشَّيْطَانُ . فَقَالَ لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

Ketika aku dibonceng Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tiba-tiba unta beliau tergelincir. Serta merta aku mengatakan, "Celakalah setan." Maka beliau bersabda, "Jangan kamu katakan, 'celakalah setan,' sebab jika kamu katakan seperti itu maka setan akan membesar sebesar rumah dan dengan sombongnya syetan akan berkata; 'itu terjadi karena kekuatanku'. Akan tetapi, ucapkanlah 'Bismillah' sebab jika engkau mengucapkan basmalah setan akan mengecil hingga seukuran lalat." (HR. Abu Dawud)

Inilah salah satu fadhilah (keutamaan) basmalah. Dalam Tafsir Al Qur'an al 'Adhim, setelah mengetengahkan hadits ini Ibnu Katsir menjelaskan: "Demikian itu berkat kalimah bismillah. Karena itu, pada permulaan setiap perbuatan dan ucapan disunnahkan terlebih dahulu membaca basmalah."

Betapa dahsyatnya kalimah basmalah, Hasan Bishri menjelaskan dalam buku Dahsyatnya Kekuatan Basmalah: "Jangankan syetan yang lemah dan pengecut, gunung yang besar dan kokoh pun luluh lantak bila diturunkan Al Qur'an kepadanya."

Hadits tersebut juga mengajarkan kepada umat Islam agar tidak memperturutkan kemarahan dan emosi dengan mengumpat. Tidak pula diperkenankan mengaitkan musibah atau kecelakaan dengan keyakinan bahwa itu terjadi akibat ulah setan.

Tetapi sandarkanlah kepada Allah dengan membaca nama-Nya, berlindunglah kepada-Nya dari gangguan syetan serta mara bahaya seraya meyakini bahwa tidak ada yang dapat melindungi kita dan tidak ada yang kuasa menimpakan bahaya kecuali Allah Azza wa Jalla.

[Sumber: BersamaDakwah.net]

Baca Juga: 40 Hari Menjadi Kaya Dan Berkah Dengan Melakukan Amalan-Amalan ini




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top