Beginilah Cara Memasak Mie Instan Dengan Aman Dan Sehat



Hampir semua masyarakat Indonesia sangat doyan mengkonsumsi mie instan. Makanan yang sangat mudah disajikan ini selalu laris terjual. Bahkan digemari oleh semua kalangan, terlebih lagi yang tinggal di kos-kosan.

Namun perlu kita ketahui bersama, bahwa dalam pembuatan mie instan terdapat zat-zat kimia, tujuannya agar tetap awet dan membentuk mie yang lebih sempurna.


Yang jadi masalah sekarang, apakah dengan penggunaan zat-zat kimia pada mie instan tetap membuatnya aman untuk dikonsumsi? Meskipun diklaim tidak berbahaya bagi tubuh, secara umum terdapat 7 komponen dalam mie instan? Termasuk bahan pengawet, zat pewarna dan antioksidan dalam pembuatannya.

Dengan kandungan bahan pengawet itulah, mie instan yang dikonsumsi secara rutin dan berkesinambungan dapat memicu gangguan kesehatan, terutama munculnya kanker. Meski belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hal tersebut, namun tidak ada salahnya jika kita memilih cara mengkonsumsi mie instan lewat membatasi konsumsi maksimal 3 kali dalam seminggu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan yang terpenting lagi adalah bagaimana kita mengolah atau memasaknya dengan cara yang benar, aman dan sehat. Meski di balik kemasan mie instan telah dijelaskan bagaimana memasak mie instan tersebut, tetapi langkah-langkah yang dijelaskan tersebut bisa dikatakan masih kurang sehat, sehingga kita perlu tahu cara mengolah mie instan secara sehat sebagai berikut.

Cara Mengolah Mie Instan Secara Sehat

  • Panaskan dua gelas air sampai mendidih dalam panci.
  • Setelah benar-benar mendidih, masukkan mie instan ke dalam panci dan aduk terus selama 90 detik. Ini untuk membuat zat-zat kimia dalam mie instan seperti zat lilin, bahan pengawet dan zat pewarna terlepas dari mie.
  • Ambil mie yang telah diaduk, sementara air rebusan yang berwarna kekuningan tadi dibuang? Karena mengandung zat-zat kimia yang berasal dari mie.
  • Panaskan lagi dua gelas air sampai mendidih, kemudian masukkan kembali mie sebelumnya, dan aduk lagi selama 90 detik agar zat kimia yang tersisa benar-benar hilang.
  • Angkat kembali mie, dan buang air rebusannya.
  • Jika anda memasak mie goreng, mie dapat langsung dicampurkan dengan bumbu-bumbunya untuk kemudian disajikan.
  • Sementara bila yang dimasak adalah mie rebus, maka masukkan mie tadi dalam mangkuk kemudian beri air panas dari termos secukupnya, kemudian campurkan dengan bumbu-bumbu sebelum disajikan.
Perlu diingat, untuk menjalani cara mengkonsumsi mie instan secara sehat, anda jangan memasak mie bersama bumbunya. Bumbu untuk mie instan umumnya mengandung MSG, sehingga berpotensi menjadi karsinogen pembawa kanker jika dimasak dalam suhu di atas 120 derajat Celcius.

Bagi yang mengidap darah tinggi, sebaiknya jangan gunakan bumbu yang terdapat dalam mie instan, karena akan meningkatkan tekanan darah tinggi? Hampir sama seperti bila mengkonsumsi ikan asin.

Mie instan juga sebaiknya dihindari bagi yang menderita gangguan lambung, karena makanan ini mengandung ragi yang akan menambah gas di lambung, dan menyebabkan kumatnya penyakit.

Baca Juga: Inilah Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Secara Rutin




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top