Cara Membuat Acar Ikan Kembung



Pada kesempatan ini kami akan membagikan resep acar ikan kembung yang bisa anda coba buat sendiri di rumah. Resep ini sangat cocok disajikan pada hajatan atau acara-acara ringan karena cara membuatnya lumayan mudah. Berikut bahan, bumbu dan cara membuat acar ikan kembung.


Bahan:
- 5 ekor ikan kembung
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh air jeruk nipis
- minyak goreng goreng
- 1 siung bawang putih, dihaluskan

Bumbu Acar:
- 250 ml air
- 1/2 sendok teh garam
- 1 cm jahe, dimemarkan
- 3/4 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh air jeruk nipis
- 2 sendok makan minyak goreng
- 1 batang daun bawang, dipotong
- 10 butir cabai rawit merah utuh
- 2 lembar daun jeruk, disobek-sobek
- 2 buah cabai merah besar, diiris serong
- 5 butir bawang merah, dipotong 4 bagian

Bumbu Halus:
- 2 siung bawang putih
- 1 butir kemiri, disangrai
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 2 butir bawang merah
- 1 cm kunyit, dibakar

Tips Membersihkan Ikan:
  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membersihkan ikan kembung yang sudah anda persiapkan. Hal ini penting sekali selain untuk membersihkan kotoran pada ikan, ada juga beberapa bagian pada ikan yang harus dibuang dan dibersihkan, karena bagian ini menyimpan banyak kotoran dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Nah, bagian pertama yang akan kita buang dan bersihkan dari ikan kembung adalah bagian insang dikepala ikan. Untuk membersihkan bagian ini anda bisa melakukannya dengan mengeluarkan insang dengan menggunakan jari tangan dan bersihkan insang hinggatidak tersisa dikepala ikan. Setelah itu, bersihkan pula bagian kepala ikan secara merata.
  2. Selesai membersihkan bagian insang ikan, selanjutnya bersihkan pula ikan dibagian perutnya, yakni bagian jeroan ikan. Untuk melakukan hal ini anda bisa menggunakan pisau untuk membelah bagian perut ikan dan keluarkan jeroan ikan dengan tangan hingga bersih. Kemudian bersihkan pula bagian dalam perut ikan dengan air bersih.
  3. Nah, jika semua bagian ikan telah dibersihkan secara merata, selanjutnya silahkan kerat-kerat bagian perut ikan agar bumbu bisa meresap kedalamnya dengan sempurna.
  4. Terakhir, berikan air jeruk nipis dan bawang putih dan garam secara merata pada tubuh ikan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat:
  1. Setelah ikan didiamkan, silahkan panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng ikan hingga berkulit dan garing secara merata.
  2. Angkat ikan jika sudah matang dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu sebelum kita masak dan buat bumbu acarnya.
  3. Untuk membuat bumbu acar, pertama kita panaskan minyak dan tumi bumbu halus bersama dengan bawang merah, cabai rawit, cabai merah, daun jeruk dan jahe hingga tercium bau harum yang sedap dan nikmat.
  4. Setelah itu, masukkan air bersama dengan garam dan gula pasir, lalu aduk-aduk hingga dan mendidih.
  5. Masukkan ikan kembung yang telah digoreng bersama dengan air jeruk nipis dan daun bawang, lalau aduk-aduk merata dan masak hingga bumbu meresap.
Baca Juga: Cara Membuat Sambel goreng Petai Ikan Kape-Kape




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top