Inilah Khasiat Biji Alpukat Yang Perlu Kita Ketahui Dan Cara Mengolahnya



Tanpa disadari, saat mengonsumsi alpukat, kita kerap membuang bagian bijinya. Padahal biji alpukat masih dapat dimanfaatkan. Bukan hanya sebagai bibit baru melainkan sebagai alternatif bahan kecantikan dan pengobatan tradisional. Para Netizen pun dapat mengolahnya dengan mudah. Biji berwarna coklat, keras dan pahit itu masih bisa dikulik khasiatnya, nutrisi yang terkandung dalam biji alpukat tak kalah hebat dengan daging buahnya.


Biji ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat di negara Meksiko dan suku Indian Amerika. Penelitian terkini yang dilakukan oleh Dabas Det.al., dan diterbitkan oleh Current Pharmaceutical Design (Vol. 9) menyebutkan bahwa biji alpukat dapat berguna dalam pengobatan hipertensi, kondisi peradangan dan diabetes. Bahkan biji ini kerap dikonsumsi oleh Dr.Tom Wu, N. M.D, penderita kanker paru-paru yang sembuh berkat gaya hidup sehatnya.

Biji alpukat terbukti memiliki aktivitas antioksidan dan kandungan fenol yang jauh lebih tinggi daripada bagian lain yang dapat dimakan. Nah lo! Gak heran kan kalau dokter sekelas dunia saja menganjurkan kita untuk tidak melewatkan sajian smoothie biji alpukat setiap harinya. Nah, buat yang tertarik ingin membuat smoothie biji alpukat, dapat mengawali mengolah biji alpukat menjadi bubuk biji alpukat.

Baca Juga: Tips Cara Memeram Buah Alpukat Dan Hasilnya Selalu Bagus Serta Tidak Membusuk

Cara Mengelola Biji Alpukat

  1. Bersihkan 2-3 biji alpukat dengan air bersih lalu iris tipis.
  2. Jika matahari bersinar terik, manfaatkan untuk menjemur irisan biji alpukat. Pengeringan alami akan mengurangi tumbuhnya jamur.
  3. Jika tidak ada matahari atau langit sedang berawan seperti saat ini maka irisan dapat disangrai atau dioven. Jika kondisinya tidak memungkinkan semua maka bisa langsung dihaluskan tapi bubuk yang sudah jadi harus sering dijemur dan diangin-anginkan ya.
  4. Selanjutnya siapkan chopper sebagai penghalus. Sebaiknya sedikit demi sedikit irisan biji dihaluskan. Sisihkan dan ayak. Bagian yang masih kasar dapat dihaluskan kembali.
  5. Simpan bubuk ini di tempat yang kering dan tidak mudah dimasuki serangga. Mudah kan cara membuatnya.

Setelah memperoleh bubuk biji alpukat, Anda dapat mengolahnya menjadi smoothie sehat. Yakni mencampur bubuk biji alpukat dengan buah segar seperti pisang, apel, nanas dan jeruk nipis plus madu. Buah yang dipilih sebaiknya yang mengandung rasa manis. Tujuannya agar rasa pahit yang terkandung dalam bubuk biji alpukat dapat berkurang. Ehm.. jangan kaget ya saat mencicipi minuman ini akan terasa pahit enak. Pahit - sepetnya berasal dari zat tanin yang juga kita temui di daun jambu biji dan daun teh. Enaknya tentu datang dari keinginan sehat kita.

Nah, selain smoothie, ada cara lain yang bisa kita manfaatkan dari bubuk biji alpukat ini, yaitu untuk merawat kecantikan wajah. Jika biasa membersihkan wajah dengan susu pembersih biasa maka cobalah dengan mencampur bubuk biji alpukat ke pembersih kita. Selanjutnya bersihkan dengan kapas seperti biasa. Scrub ini sangat baik untuk merawat kulit wajah. Tentu saja karena kandungan hebat dalam biji alpukat tadi.

Ada lagi yang perlu kita ketahui nih, kandungan serat dalam biji alpukat melebihi serat yang dimiliki oatmeal. Jadi jika salah satu dari keluarga kita memiliki penyakit jantung, ada baiknya untuk mencoba menggantikan oatmeal dengan biji ini. Selain khasiat di atas, biji ini juga bisa mengatasi diare, masalah pencernaan, kencing manis, antitumor, dan mengatasi sakit gigi karena berlubang juga mengusir ketombe.

Subhanallah ya... Allah menciptakan sesuatu yang selalu mengandung manfaat bagi ummatnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Menanam Buah Alpukat Dengan Mudah? Ikuti Langkah-Langkahnya Berikut Ini




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top