Kemanakah Roh Kita Setelah Mati?



Akhir dari kehidupan seseorang di dunia ini, manakalah kematian telah menjemputnya. Dan mereka akan kembali dibangkitkan ketika dunia ini di kiamatkan, untuk nantinya mereka akan dimintai pertanggungjawaban dihadapan Allah SWT atas segala perbuatan yang mereka lakukan selama hidup di dunia.


Tapi, kenamakah Roh kita sebelum hari Kiamat datang? Roh kita berada di alam barzakh atau alam kubur sampai hari Kiamat itu tiba. Lalu, apa yang dilakukan rah di alam kubur? Di alam kubur telah menunggu malaikat Mungkar dan Nakir yang tugasnya untuk menayai roh.

Saat itu, roh kita akan ditanya oleh malaikat Mungkar dan Nakir. Jika kita mampu menjawab pertanyaan malaikat, maka kita akan ditunjukan temapat kita di surga. Dan sebaliknya, jika kita tidak mampu menjawab pertanyaan dari malaikat, maka ditunjukanlah tempatnya di neraka. Nauzubilah minzalik.

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa: "Inilah tempatmu nanti (yaitu surga atau neraka) hingga hari kiamat yang akan datang," (HR Muslim).

Baca Juga: Inilah Proses Keluarnya Ruh Orang Kafir Berdasarkan Firman Allah

Maka beruntunglah orang-orang yang memaksimalkan hidupnya di dunia untuk berbuat kebaikan. Karena Allah akan menempatkan roh orang-orang yang beriman di temapat yang sebaik-baiknya di sisi- Nya.

Menurut sebagian ulama: "Roh orang-orang taat kepada Allah berada di antara langit dan bumi."

Allah berfirman: "Apakah Kami (Allah) akan menjadikan mereka yang beriman dan beramal shaleh akan sama dengan golongan mereka yang merusak (penjahat) di permukaan bumi? Atau apakah kami akan menjadikan mereka yang takwa sama seperti mereka yang berdaosa?" (QS Shad: 28).

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah tidak akan memberi balasan yang sama terhadap orang-orang yang beriman dan shaleh, dengan orang-orang semasa hidupnya berbuat kerusakan di bumi. Karena, Allah merupakan sebaik-baiknya hakim.

[Sumber: islampos.com]

Baca Juga: Inilah Proses Keluarnya Ruh Seorang Mukmin Dan Kabar Gembira Baginya




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top