Mohon Dibagikan! Teliti Sebelum Membeli, Jaga Kesehatan Orang Terdekat Kita Terutama Si Buah Hati



Berikut aneka minuman yang boleh dan  tidak disarankan diberikan kepada anak terutama balita, dimajalah dan beberapa contoh produk ini baru secuil, kalau diperhatikan lebih detail setiap kali kita membeli minuman/makanan kemasan banyak banget, makanan/minuman yg tidak disarankan untuk balita, ibu hamil dan menyusui.

Biasanya dikemasan tertulis
"Mengandung gula dan pemanis buatan"
"mengadung fenilalanin, tidak cocok untuk penderita fenilketonuria"
"Mengandung pemanis buatan disarankan tidak dikonsumsi oleh anak dibawah 5tahun, ibu hamil dan ibu menyusui"

Teh Instan Kemasan tidak disarankan oleh anak


Alternatif: pilih teh celup atau teh tubruk diseduh air hangat. teh celup biasanya mengandung 175 mg polifenol, dua kali lebih besar dibanding teh kemasan. polifenol baik bagi tubuh sebab bersifat antioksidan atau anti racun. cukup berikan teh pada anak 1 cangkir kecil per hari dengan gula maks. 2 sendok teh

Minuman berbulir boleh diberikan kepada anak asal tidak lebih dari 150ml/hari


Boleh diberikan pada anak


Jus buah kemasan, tetapi jangan lebih dari 150ml/hari

Bubble drink, tetapi tidak lebih dari 1 porsi ukuran sedang per hari

minuman Probiotik , cukup 1-2 botol/hari. khusus balita yang sedang diare berikan 1/2 - 1 botol sehari. anak yang menderta penyakit gangguan kekebalan tubuh tidak disarankan mengonsumsi minuman probiotik, karena bisa menimbulkan infeks serius.

tidak disarankan unuk anak
Slurpee, kandungan gula yang tinggi dapat memicu obesitas juga memudahkan pengeluaran kalsium dari dalam tubuh. ini dapat mengakibatkan terjadinya pengeroposan tulang dan kerusakan gigi pada anak.

Tidak disarankan untuk anak


Minuman Isotonik, dalam kondisi normal tubuh anak hanya butuh Natrium dibawah 2,2 gr/hari dan klorida kurang 50mg. karena itu, kondisi normal, nak tidak perlu mengganti cairan tubuh dengan minuman isotonik.

Boleh diberikan pada anak,
Nata de Coco dan Aloe Vera, maksimal dua botol seminggu. kandungan zat antrokuinon dalam lidah buaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan kram perut, diare dan dehidrasi.

Yoghurt Kemasan, berikan yoghurt dengan kandungan gula rendah 200 cc/hari.

jauhi produk yang mengandung pemanis buatan atau yang mencantumkan gula di urutan pertama pada daftar label di kemasannya. banyak produk yoghurt menklaim megandng buah asli, padahal hanya buah sintetik atau perisa buah.

agar aman beli yoghurt tawar lalu tambahkan madu atau potongan buah untuk menambah rasa manis.

Tidak Disarankan untuk Anak


Minuman bersoda, kandungankarbohidrat dan gulanya sangat tinggi, mencapai 12 sendok teh. selain dapat memacu obesitas, juga memudahkan pengeluaran kalsium dari dalam tubuh, sehingga mengakibatkan pengeroposan tulang dan kerusakan gigi

Harus lebih teliti lagi apabila hendak diberikan kepada anak balita, ibu hamil dan menyusui?

[Sumber: Majalah AyahBunda, Minuman/Makanan Kemasan]

Noted:
Tidak ada maksud untuk menjatuhkan salah satu merk atau apapun, ini murni hanya memberi info apa yang memang sudah tertera pada kemasan

Baca Juga: Waspadalah! Memasak Kembali Air Yang Sudah Matang Dapat Merubahnya Menjadi Racun




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top