Tips Agar Cipratan Minyak Tidak Terjadi Saat Menggoreng Ala Sisca Soewitomo



Pernahkah anda mengalami pada saat menggoreng sesuatu terkena cipratan minyak? Biasanya ketika kita menggoreng ikan, sering terasa menyebalkan saat minyak gorengnya menciprat mengenai kita.Berikut kami akan berikan solusi aman untuk mencegah terjadinya hal tersebut.


Sisca Soewitomo, praktisi kuliner Indonesia, mengatakan bila minyak yang dipakai untuk menggoreng ikan bisa menciprat karena satu sebab. Minyak akan bereaksi ketika terkena air, apalagi bila minyak sudah berada pada suhu panas tinggi.

"Bahan makanan apapun yang di dalamnya memiliki cairan akan menimbulkan percikan pada minyak. Saat memasak ikan, minyak jadi muncrat itu dikarenakan di dalam ikan terdapat kadar air yang berlebihan," ucapnya saat dihubungi Okezone.

Minyak bisa muncrat karena beda temperaturnya dengan kadar air di dalam bahan makanan. Menurutnya, cara mengatasinya sangat mudah sehingga menggoreng ikan takkan lagi menakutkan karena cipratan minyak.

"Ada beberapa cara untuk menghindari cipratan minyak saat memasak ikan, yakni diberi tepung, dikasih penutup, serta daun pisang," tambahnya.

Pertama, saat memasak ada baiknya ikan yang sudah diberi bumbu direndam ke dalam tepung. Meski akan menghasilkan rasa lain, tepung akan mencegah cipratan minyak.

"Tepung berfungsi menyerap air sehingga kadarnya di dalam ikan tidak ada lagi," paparnya. Gunakan tepung maizena yang memiliki daya serap lebih tinggi ketimbang jenis tepung lainnya.

Berikutnya, pada saat memasak ikan, maka segera gunakan penutup sehingga cipratan minyak terhindari. Terakhir dengan memakai daun pisang. Cara ini sebenarnya untuk menghindari lengketnya ikan pada wadah yang dipakai menggoreng. Namun sisi lain, daun pisang berfungsi untuk menyerap panas.

"Daun pisang itu kan punya aroma yang tajam, ketika daun pisang yang dipakai sebagai alas buat memasak ikan maka suhu panas yang ada di minyak akan terserap ke dalam daun pisang, sehingga daya ledakan atau cipratan minyak tak ada lagi,".

Nah itulah cara mengantisapasi agar cipratan minyak tidak terjadi dengan menggunakan dibawah ini
1. Gunakan tepung, paling baik tepung maesina
2. Jika tidak ingin menggunakan tepung, tutup wadah penggorengan
3. Pakai daun pisang,

Semoga bermanfaat...

[Sumber:http://lifestyle.okezone.com/read/2013/11/20/304/900201/tips-hindari-cipratan-minyak-ala-sisca-soewitomo]

Baca Juga: Gunakan Cara Ini Untuk Mengangkat Permen Karet Dari Pakaian




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top