Apakah Betul Mandi Hujan Dapat Menyebabkan Sakit?



Semasa kecil, kita sering ditegur oleh orang tua untuk jangan mandi hujan, soalnya nanti bisa sakit. Namun kita tidak mempedulikan teguran tersebut, dan menganggap mandi hujan ini hal yang sangat menyenangkan buat kita.

Apakah Betul Mandi Hujan Dapat Menyebabkan Sakit?

Saat ini kita masih bertanya-tanya, apakah memang betul mandi hujan itu bisa sebabkan orang sakit? Ternyata larangan mandi hujan sudah dibuktikan lewat hasil penelitian tim dari Universitas Cardiff.

Para responden diminta untuk merendam kaki mereka ke dalam air es selama 20 menit, sementara responden lainnya meletakkan kaki mereka ke dalam baskom kosong.

Selama 4-5 hari kemudian, hampir sepertiga responden yang merendam kakinya di air dingin mengalami gejala-gejala flu, sementara di kelompok kontrol hanya 9 persen saja.

"Permukaan tubuh yang kedinginan, terutama kaki, bisa menyebabkan gejala flu lebih cepat muncul, terutama pada orang yang sudah ada virus flu," kata Ron Eccles dari pusat penelitian flu dan selesma.

Meskipun belum diketahui dengan jelas mengapa hal itu bisa terjadi, tapi salah satu teori menyebutkan, kedinginan akan menyebabkan tubuh membatasi aliran darah ke bagian tertentu, termasuk hidung, untuk menjaga temperatur tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh lebih rentan infeksi.

Nah, kalian sudah tahu kan, kalau teguran orang tua itu ada benarnya. Jadi, jangan pernah mandi hujan lagi yah, kalau tidak mau sakit.

Baca Juga: Hindari Mandi Di Tiga Waktu Ini




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top