Menaruh Dompet Di Saku Belakang Ternyata Mempengaruhi Saraf Dalam Tubuh



Sudah menjadi kebiasaan bagi kaum pria menaruh dompet dibelakang saku. Ini karena pria sangat simpel dalam urusan ini, dibanding kaum wanita yang cenderung menaruh dompetnya didalam tas. Disamping itu juga ukuran dompet pria memiliki ukuran yang kecil, tidak seperti dompetnya para wanita yang memiliki ukuran terbilang cukup besar.


Tapi, pria perlu juga menyadari bahwa kebiasaan menaruh dompet dibelakang saku ternyata dapat mempengaruhi kesehatan, terutama gangguan pada saraf tubuh. Disebutkan dalam sebuah penelitian, orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci atau saraf-saraf Sciatic.

Saraf Sciatic merupakan saraf terbesar di tubuh pada bagian belakang daerah bawah lutut, yang berawal dari sumsum tulang belakang lanjut hingga kaki.

Sciatic awalnya dirasakan pada bagian punggung bagian bawah lalu menjalar ke bagian paha belakang. Kemudian berlanjut ke daerah lutut.


Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex mengatakan "saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul,"

Kondisi ini juga bisa mengakibatkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, kaki bagian bawah dan menimbulkan rasa sakit saat berjalan, duduk atau berbaring.

Penyebabnya dikarenakan saat dompet berada di saku belakang, tanpa sadar posisi duduk menjadi miring sehingga terjadi ketidakseimbangan yang melibatkan otot, tulang, dan sistem saraf. Saat kondisi ini terjadi, panggul berusaha untuk tetap menjaga keseimbangan, namun yang terjadi justru kurva kompensasi tulang belakang menjadi tidak sejajar. Kemudian mempengaruhi pergeseran bahu dan menyebabkan nyeri pada leher, punggung, dan bahu.

Waduh, Ngeri juga yah... Kalau gitu solusinya adalah pada saat mau duduk, dompetnya sebaiknya dicabut dulu. Nah, pas udah beranjak dari tempat duduk, dompetnya taruh kembali dibelakang saku.

Baca Juga: Awas! Makan Dan Minum Dalam Keadaan Berdiri Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top