Ternyata Jagung Tak Kalah Hebat Dengan Beras Sebagai Makanan Pokok Lho



Tak banyak yang tahu, kalau jagung memiliki nutrisi yang tak kalah dengan beras. Meski beras dikatakan sebagai makanan pokok bagi rakyat Indonesia pada umumnya, tapi di Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokok utama.

Selain unggul dari segi rasanya, jagung juga menimbulkan rasa kenyang seperti halnya nasi. Dan tak hanya itu saja, jagung memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari whfoods.com.


Sumber Kalori
Jagung merupakan sayuran sumber kalori. Kandungan kalori dalam 100 gram jagung kira-kira 342 kalori. Oleh sebab itu, jagung sangat bisa digunakan sebagai makanan utama pengganti nasi.

Sumber Vitamin
Jagung kaya akan vitamin B kompleks, terutama tiamin dan niacin. Tiamin penting untuk menjaga kesehatan syaraf dan fungsi kognitif. Selain itu, jagung juga merupakan sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan lemak.

Sumber Mineral
Selain kalori dan vitamin, jagung juga memiliki kandungan mineral yang melimpah yang sangat bermanfaat bagi tubuh.  Beberapa mineral yang banyak ditemukan dalam varietas jagung adalah fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi dan tembaga. Selain itu, jagung juga memiliki sejumlah mineral selenium yang sulit ditemukan dalam bahan makanan lain.

Kaya Antioksidan
Sebuah hasil studi yang dilakukan di Cornell University menunjukkan bahwa jagung merupakan sumber antioksidan phytochemical yang aktif dalam memerangi radikal bebas penyebab kanker. Manfaat antioksidan dalam jagung ini akan lebih maksimal ketika kita memasak atau mengolahnya terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa manfaat menakjubkan yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi jagung. Bagaimana? Apakah Anda tertarik mengubah makanan pokok Anda menjadi jagung? Mengganti nasi menjadi jagung dalam setidaknya satu minggu, satu kali bukanlah ide yang buruk lho..

Baca Juga: Ingin Kulit Anda Jadi Putih Menyeluruh? Coba Gunakan Beras Dan Lihat Hasilnya




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top