Anda Harus Tahu, Ini Yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Makan Garam



Masakan yang ditambahi dengan bumbu penyedap seperti garam, tentunya akan menambah cita rasa masakan. Garam mengandung unsur sodium dan chlor (NaCl). Dimana unsur sodium sangat penting untuk mengatur proses keseimbangan cairan di dalam tubuh.


Tapi mengonsumsi garam sebaiknya jangan berlebihan, karena dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh seperti dikutip dari Joss.Today.

Otak
Karena otak mengatur sistem syaraf tubuh, kelebihan garam akan membuat otot syaraf tegang yang mana bisa menyebabkan demensia atau melemahnya ingatan dan menurunkan oksigen dan nutrisi otak. Otot yang menegang akan merusak dan memecah pembuluh darah yang bisa mengakibatkan stroke.

Jantung
Jantung yang berfungsi memompa darah (dengan kandungan oksigen) ke seluruh tubuh juga akan mengalami penegangan otot arteri jika kelebihan garam. Hal ini akan menimbulkan nyeri di dada dan jika otot pembuluh darah arteri pecah, akan menimbulkan serangan jantung.

Ginjal
Ginjal yang berfungsi menyaring darah dari zat sisa dan cairan di tubuh bisa bekerja lebih keras menyaring garam untuk dikeluarkan dari tubuh karena terlalu banyak. Hal ini akan melemahkan fungsi ginjal dan bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal.

Pembuluh Arteri
Pembuluh arteri di seluruh tubuh yang membawa darah ber-oksigen akan mengalami tekanan yang membuat tekanan darah meningkat. Darah juga jadi mengental dan tubuh jadi lambat menerima nutrisi. Pada akhirnya pembuluh darah bisa pecah dan mengganggu kerja organ tubuh.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kalau makan garam berlebih kurang baik bagi kesehatan. Jadi mulai sekarang, batasi untuk mengkonsumsi garam.

Baca Juga: BAHAYA!!! Garam Bisa Jadi Racun Kalau Cara Masaknya Seperti Ini (Mohon Di SHARE)




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top