Rasulullah Pernah Ditanya Tentang 'Pekerjaan Terbaik', Beliau Menjawab



Suatu ketika Rasulullah SAW pernah ditanya oleh para sahabatnya tentang "pekerjaan terbaik" yang mesti dilakukan oleh umatnya. Lalu beliau pun menjawab sebagaimana yang diriwayatkan dalam beberapa hadist berikut ini.


Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ditanya, "Pekerjaan apakah yang paling baik?" Beliau menjawab, "Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan semua pekerjaan yang baik." (HR. Baihaqi dan Al Hakim)

Dalam hadits yang lain disebutkan, Dari Khalih, ia berkata,
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ditanya tentang pekerjaan yang paling utama. Beliau menjawab, "perniagaan yang baik dan pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri" (HR. Al Bazzar dan Thabrani dalam Al Mu'jam Kabir)

Dan dalam riwayat lain Dari Sahabat Ibnu Umar, ia berkata,
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ditanya, "Pekerjaan apakah yang paling utama?" Beliau menjawab, "Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan semua perniagaan yang baik" (HR. Thabrani dalam Al Mu'jam Kabir; shahih)

Dan yang terakhir sebuah riwayat datang dari Rafi' bin Khadij, ia berkata,
Rasulullah ditanya, "Wahai Rasulullah, pekerjaan apakah yang paling baik?" Beliau menjawab, "Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan setiap perniagaan yang baik" (HR. Ahmad dan Al Bazzar; shahih lighairihi)

Dari riwayat hadist-hadist diatas dapat kita simpulkan bahwa hanpir semua jawaban Nabi maknanya sama yakni pekerjaan dengan tangannya sendiri atau dengan berdagang.

Pekerjaan seseorang dengan tangannya maksudnya adalah pekerjaan yang dilakukan tanpa meminta-minta pada orang lain. Seperti berprofesi sebagai tukang bangunan, pandai besi, petani, maupun pekerjaan sejenisnya yang halal. Pekerjaan yang berprofesi seperti dokter, arsitek, maupun teknisi, untuk zaman sekarang ini juga termasuk yang telah disebutkan hadist tersebut.

Sementara perniagaan yang baik adalah pekerjaan dengan cara berdagang atau jual beli tanpa ada unsur kecurangan dan penipuan didalamnya. Baik itu curang dalam hal timbangan ataupun curang dengan menyembunyikan cacatnya barang yang akan dijual.

Intinya, semua pekerjaan itu baik asalkan pekerjaan tersebut dicari dengan cara yang halal. Bukan dengan cara meminta-minta atau hal-hal yang dilarang dalam agama Islam. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi kita semua. Wallahua'lam.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Keutamaan Bersedekah Di Hari Jum'at




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top