5 Kesalahan Dalam Mengolah Ikan Seperti Ini Dapat Menghilangkan Nutrisinya



Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Tentunya kita tak ingin kandungan tersebut hilang begitu saja hanya karena cara pengolahan yang salah. Seperti kebanyakan orang, banyak diantara mereka mengelolah ikan dengan cara yang salah, sehingga nutrisi yang terdapat dalam ikan justru hilang.


Nah, untuk bisa mendapatkan manfaat ikan secara maksimal, kamu bisa menghindari kesalahan dalam mengolahnya. Berikut ini merupakan 5 kesalahan yang umum dilakukan saat mengolah ikan, seperti dilansir dari thehealthsite.

1. Menyimpan Ikan Lebih Dari Seminggu

Jika kamu menyimpan ikan lebih dari seminggu atau bahkan mencapai 10 hari (meskipun disimpan di freezer), maka jangan heran jika rasa dan kualitas ikan memburuk. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengolah ikan segera setelah mendapatkannya (ikan segar). Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan semua nutrisi yang ditawarkan oleh ikan.

2. Mencuci Ikan Setelah Dipotong

Sebagian besar orang memilih untuk mencuci ikan setelah membaginya dalam potongan kecil dan kemudian langsung menggorengnya. Tetapi, akan lebih baik jika kamu menambahkan kunyit dan garam saat mencuci ikan dengan air keran. Kedua bahan ini berperan sebagai anti-bakteri dan membantu menghilangkan kotoran serta menurunkan kadar mikroba.

3. Mengurangi Paparan Kimia Dengan Memasaknya

Banyak orang meyakini bahwa memasak ikan dapat mengurangi paparan bahan kimia yang banyak ditemukan pada ikan. Sayangnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Environmental International menunjukkan bahwa memasak ikan bukanlah pendekatan yang efektif untuk mengurangi paparan kimia seperti perfluoroalkyl dan zat polyfluoroalkyl.

4. Perasan Air Lemon Untuk Mengurangi Merkuri

The Journal of exposure analysis and environmental epidemiology mengungkapkan bahwa menambahkan perasan air lemon pada ikan tak efektif untuk menurunkan kadar merkuri pada ikan. Ini terutama setelah ikan diolah atau di masak.

5. Menggoreng Ikan

Meskipun kelezatan ikan goreng cukup sulit untuk ditampikkan, tetapi sebaiknya kamu menghindari mengolah ikan dengan cara digoreng. Untuk mendapatkan manfaat ikan yang lebih maksimal, cobalah untuk mencoba berbagai varietas ikan terbaik. Selain itu, sebaiknya kamu juga menurunkan asupan garam untuk meningkatkan penyerapan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan.

Semoga info ini bermanfaat buat anda semua,,, Jangan lupa di SHARE yah?




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top