Kata Professor Atheis 'Tuhan Itu Tidak Ada', Tapi Jawaban Mahasiswa Ini Membuatnya Terdiam



"Tuhan itu tidak ada. Tidak seorang pun bisa membuktikan keberadaan Tuhan. Kalaupun ada, Tuhan hanya ada dalam pikiran manusia. Kalian yang meyakini Tuhan ada, coba tunjukkan di mana Tuhan?," kata Profesor atheis di depan mahasiswanya. Semua terdiam. Beberapa mahasiswa berusaha melirik teman di sebelahnya untuk melihat apakah ada yang akan menjawab pertanyaan itu.


Beberapa detik berlalu, ruang kuliah hening. Sang profesor tersenyum simpul. Puas karena tak seorang pun dapat membantah pernyataannya. Namun... seorang mahasiswa mengangkat tangannya.

"Maaf, Prof," ucapnya memulai. Ketika dosen itu mempersilakan dengan isyarat, ia meneruskan kata-katanya. "Apakah Profesor punya akal?"

Wajah sang profesor mendadak berubah. Sedikit merah. Pertanyaan itu, meskipun disampaikan dengan nada yang santun, baginya merupakan penghinaan.

"Tentu saja punya. Kalau tidak punya akal, tidak mungkin aku mengajar kalian, tidak mungkin aku menjadi profesor, tidak mungkin aku bisa menghasilkan karya ilmiah yang demikian banyak."

"Kalau demikian, mohon tunjukkan di mana akal Profesor," wajah profesor bertambah merah. Ia seperti dipermainkan oleh mahasiswanya itu.

"Profesor," lanjut sang mahasiswa, "tidak semua yang ada harus kelihatan. Tidak semua yang ada bisa dibuktikan secara indrawi. Jika akal Profesor saja tidak bisa ditunjukkan, demikian juga Tuhan. Tuhan ada. Tetapi kita tidak bisa melihatnya."

Profesor itu terdiam untuk beberapa saat. Lalu ia mengemasinya bukunya dan meninggalkan ruang kuliah.

Baca Juga: Masya Allah, Seorang Pemuda Amerika Ucapkan Syahadat Setelah Melihat Shaf Sholat Kaum Muslimin




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top