Cegah Kolesterol Dengan Mengidentifikasi Penyebabnya



Kolesterol adalah sumber masalah yang sangat menakutkan bagi kesehatan tubuh karena masalah yang hanya dianggap sepele ini rupanya dapat mengantarkan nyawa pada kematian. Bagaimana tidak, bahwa kolesterol tidak hanya dapat menyumbat aliran darah namun juga dapat memicu terjadinya penyakit jantung konorer dan juga stroke yang akan berujung pada kematian.


Tidak banyak yang tahu kapan kolesterol tinggi menyerang tubuhnya karena sebenarnya kolesterol memang sudah ada di dalam tubuh karena fungsi utama kolesterol sangat diperlukan oleh tubuh untuk membentuk hormon namun apabila ternyata jumlah kolesterol dalam darah sangat meningkat maka hal inilah yang memicu adanya penyakit.

Oleh sebab itu saat ini anda harus melakukan identifikasi terhadap penyebab kolesterol sebagai upaya untuk mencegah kolesterol tinggi.

Bagi anda yang penasaran dan ingin tahu apa saja faktor penyebab kolesterol maka langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Faktor Keturunan

Salah satu penyebab kolesterol yang sudah paten adalah faktor keturunan atau gen yang diturunkan dari orang tuanya. Apabila ternyata terdapat keluarga yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi maka hal ini sangat dimungkinkan jika anda juga memiliki resiko kolesterol tinggi. Gen yang diwariskan ini dapat memicu terjadinya penyumbatan dan juga penyakit stroke sejak dini. Namun hal ini jangan membuat anda berkecil hati karena anda dapat tetap menyeimbanginya dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol dan rutin melakukan kegiatan aktif seperti olahraga dan lain sebagainya.

Obesitas Dan Diet Tidak Sehat

Memiliki berat badan berlebih juga merupakan penyebab kolesterol yang harus dihindari. Kelebihan berat badan yang sering dikenal dengan istilah obesitas ini tidak hanya memicu tingginya kolesterol namun juga dapat memicu terjadinya penyakit berbahaya dan penyakit menular lainnya. Kondisi yang seperti ini dapat menimbulkan adanya trigliserida dan penyumbatan pada pembuluh darah. Oleh sebab itu anda harus menjaga berat badan yang ideal dan segera cegah penyebab kolesterol ini dengan cara diet sehat.

Penyebab kolesterol yang sering dijumpai yaitu banyaknya orang yang melakukan diet dengan cara yang salah karena didalam benaknya diet itu adalah mengurangi asupan makanan dan menahan diri untuk makan ini dan itu.

Untuk masalah kolesterol ini, anda hanya disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak supaya kadar kolesterol dalam darah juga tidak meningkat. Beberapa makanan tersebut adalah keju, kue, mentega, daging merah, dan lain sebagainya.

Untuk itu ubah pola makan anda menjadi lebih sehat lagi dan dalam diet ini bukan berarti anda tidak makan atau mengurangi jumlah konsumsi makanan namun hanya mengganti menu makanan dengan yang lebih sehat.

Kebiasaan Merokok

Kemudian kebiasaan merokok juga merupakan penyebab kolesterol yang harus dihindari sejak dini. Tidak hanya berpengaruh terhadap tingkat kolesterol saja namun merokok juga dapat memicu adanya penyakit mematikan dalam tubuh seperti serangan jantung dan stroke hingga kanker sekalipun.

Dengan merokok berarti anda membunuh jumlah lemak baik yang sangat berfungsi dalam tubuh dan justru meningkatkan kadar lemak jahat dan membuka pintu untuk menerima resiko penyakit jantung. Oleh sebab itu hindari kebiasaan buruk merokok sebagai upaya pencegahan kolesterol.

Bermalas-Malasan

Ternyata dengan bermalas-malasan dapat memicu adanya penyakit kolesterol tinggi. Penyebab kolesterol ini akan menghampiri orang yang hanya hobi duduk bersantai atau menghabiskan waktunya hanya untuk berbaring saja disepanjang hari. Cegahlah hal buruk ini dan mulailah untuk melakukan beberapa kegiatan aktif baik itu olahraga maupun kerja dalam rumah seperti menyapu, mengepel lantai dan lain sebagainya yang bisa menjadi obat penurun kolesterol secara alami.




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top