Inilah Penyebabnya Mengapa Saat Bangun Tidur Napas Kita Bau



Hah! Saat kita berbicara dengan teman saat baru saja bangun tidur, dia pasti cepat-cepat menutup hidungnya. Mengapa? Ya, karena napasmu sangat bau!


Bagaimana bisa mulut mengeluarkan bau yang tidak enak saat bangun tidur?

Biang keroknya adalah bakteri.

Saat kamu terlelap, bakteri-bakteri dalam mulutmu memiliki waktu yang lebih panjang untuk berkembang biak dan menggandakan diri. Sebetulnya di siang haripun bakteri di mulutmu juga sama saja, tapi mereka tak punya banyak waktu untuk berkembang karena mulutmu sedang aktif.

Kamu makan dan minum, mulutmu melakukan berakan mengunyah, kelenjar pun memproduksi air liur sepanjang hari, kemudian kamu menelan. Semua aktifitas itu menghambat pertumbuhan bakteri. Seperti yang kita tahu, air liur adalah zat anti bakteri paling ampuh!

Sebaliknya, saat malam hari tubuhmu hanya memproduksi sedikit air liur, kamu juga sangat jarang menelan. Sehingga bakteri pun menjadi semakin aktif melakukan aktifitasnya di mulutmu. Yaiks!

Apakah ada cara untuk mengurangi bau mulut di pagi hari?

Pertama adalah dengan menggosok lidahmu secara lembut ketika kamu gosok gigi sebelum tidur. Lakukan gerakan lembut menyapu seluruh permukaan atas lidahmu dengan sikat gigi yang masih ada pasta giginya.

Kedua adalah dengan tidak memakan apapun setelah gosok gigi malam. Sisa makanan yang kebetulan tersangkut di gigi dan gusi adalah tempat favorit bakteri. Dan ini akan membuat bau mulutmu semakin tidak sedap ketika bangun keesokan harinya. [sains]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top