Sudah Kecil, Muatnya Cuma Satu Orang, Tapi Harganya Setara 19 Toyota Agya



Sebuah mobil mini yang hanya muat satu orang, yang digadang-gadang sebagai mobil terkecil di dunia bernama Peel P50 terlelang dengan harga fantastis. Mobil ini dibeli dengan harga US$ 176 ribu atau sekira Rp 2,32 miliar.


Dengan harga tersebut, mobil mini yang terjual di rumah lelang Sotheby’s Amelia Island Auction, Florida, Amerika Serikat ini setara dengan 19 unit Toyota Agya G M/T. Mobil ini pun menjadi Peel P50 termahal yang pernah dijual.

Tentu, ada alasan dibalik harga yang selangit itu. Menurut laman Autoexpress, mobil ini adalah satu-satunya P50 yang pernah dibuat di Isle of Man. Selain tentu daya tariknya sebagai mobil termini yang pernah dibuat.


Selain itu, mobil ini juga terhitung langka. Tercatat, hanya ada 50 unit yang pernah diproduksi, dimana saat ini disinyalir hanya tersisa 27 unit saja.

P50 ini sangaja dibuat untuk dipamerkan di Cycle and Motorcycle Show yang dihelat pada 1962. Kecepatan maksimal yang bisa diperolehnya hanya 61 km/jam, yang berasal dari mesin berkapasitas 49 cc dengan transmisi 3 percepatan.


Peel P50 berdiri di atas tiga roda yang memiliki diameter yang sangat kecil, dengan dua roda di bagian depan. Headlamp hanya ada satu, serta interior yang seadanya. Bahkan, jok mobil dapat dicopot layaknya kursi santai.

Tentu, sebelumnya kondisi mobil tidaklah sebaik ini. Sebelum dijual, mobil direstorasi oleh musem Bruce Weiner Microcar. Alhasil, mobil kembali mulus dan mengkilap, dengan warna merah yang nampak seperti baru keluar dari pabrik. [lp6]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top