5 Dollar Selandia Baru Dinobatkan Sebagai Uang Terbaik Di Dunia



Uang kertas nominal lima dolar Selandia Baru dinobatkan sebagai uang kertas terbaik 2015. Uang kertas Selandia Baru itu mengalahkan hampir 40 desain uang kertas dari 20 negara.

Penghargaan terhadap desain uang kertas ini diberikan setiap tahunnya oleh International Bank Note Society (IBNS), sebuah organisasi nirlaba untuk mempromosikan dan mempelajari uang dan kertas berharga lainnya.


Agar memenuhi syarat penghargaan, uang kertas harus diterbitkan kali pertama pada tahun penghargaan dan sedang beredar di masyarakat. Uang kertas tersebut kemudian dinilai berdasarkan pada nilai artistik, fitur keamanan yang diterapkan dan penggunaan desain.

Dalam keputusannya, IBNS mengatakan uang kertas pecahan lima dolar Selandia Baru yang terbuat dari polimer dinyatakan sebagai pemenang. Adapun uang kertas dengan desain terbaik kedua ditempati oleh pecahan 5 poundsterling Skotlandia, pecahan 20 kronor Swedia, pecahan 100 rubel Rusia dan pecahan 20.000 tenge Kazakhstan.

Reserve Bank of New Zealand merilis uang kertas baru pecahan NZ$ 5 dan NZ$ 10 pada bulan Oktober 2015 sebagai bagian dari koleksi Brighter Money. Uang kertas pecahan lima dolar itu bergambar pendaki gunung Sir Edmund Hillary.

Pendaki gunung legendaris Selandia Baru itu sedang memandang Gunung Aoraki di South Island. Di sisi lainnya ada gambar penguin bermata kuning yang langka dan flora khas Selandia Baru. Uang kertas tersebut dicetak oleh Canadian Bank Note Company di Ottawa, Kanada.

Wakil Gubernur Reserve Bank of New Zealand, Geoff Bascand, mengatakan penghargaan itu bukti kerja keras dan inovasi dalam mengembangkan uang kertas. "Kami bangga dengan uang kertas baru Selandia Baru, tetapi pengakuan internasional terhadap uang kertas lima dolar kami terasa sangat istimewa," kata dia kepada laman The Guardian.

"Uang kertas ini menggabungkan fitur keamanan yang paling canggih di dunia, namun masih bisa menampilkan keindahan sejarah, budaya, dan warisan Selandia Baru," ucap dia menambahkan.

Pemenang penghargaan uang kertas dengan desain terbaik di masa lalu pernah diberikan kepada Trinidad & Tobago (2014), Uganda (2010), Bermuda (2009), Samoa (2008), Skotlandia (2007), untuk uang kertas pecahan 50 pound Skotlandia), Comoros (2006), Kepulauan Faeroe (2005) dan Kanada (2004). [drm]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top