Kicauan Ade Armando 'Masihkah Berhaji Itu Wajib?'



Ade Armando dikenal sebagai tokoh liberal melontarkan sebuah pernyataan yang kontroversial. Melalui akun Twitter pribadinya @adearmando1, dosen komunikasi Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Paramadina itu mempertanyakan apakah haji hukumnya wajib. Ia berdalih, jumlah umat Islam saat ini mencapai 2 miliar. Jika semuanya naik haji, menurut Ade, tentu Makkah tidak akan muat.


"Umat Islam itu dua milyar. Kalau berhaji itu wajib, bagaimana mungkin Mekah menampung 2 milyar orang. Jadi, masihkah berhaji itu wajib?," kicaunya baru-baru ini.

Sontak, kicauan itu mendapat banyak balasan dari pengguna Twitter. Ada yang mencoba memahamkan Ade bahwa hukum haji itu wajib bagi yang mampu. Bukan seperti wajibnya shalat.

"om @adearmando1.. haji itu wajib untuk yang mampu..(sehat, punya duit, aman).. dari 2 milyar itu berapa yang mampu, di satu saat?," tulis akun @srigalapagi.

"kan sudah dikatakan bagi yang mampu… toilet di rumah juga tidak sebanyak anggota keluarga.. tergantung yang kebelet siapa.. faham?," tambah @tahamaaruf.

Ada pula yang menyindir bahwa tidak mungkin 2 miliar orang berangkat haji bersama-sama.

"Dua milyar umat muslim berhaji serempak, yang jaga warung siapa ….. ?," cuit @MohammadMakruf.

Sebagian lagi mengingatkan Ade dengan pendekatan berbeda.

"@adearmando1 Mas kalo cari sensasi jangan masuk wilayah kewajiban perintah agama. Mending sensasi ala vicki prasetyo, sampean dijamin laku on air," kata @zulfanny. [bd]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top