Sosial Media Dibuat Heboh, Beredar Gambar Uang Koin Pecahan Rp.100.000



Beberapa tahun silam gambar bentuk uang koin pecahan Rp 100.000 sempat menghebohkan netizen di Indonesia.

Kali ini lagi-lagi para netizen memperbincangkan mengenai bentuk uang koin pecahan dengan nominal yang cukup besar.


Media sosial seperti Instagram dan Twitter menjadi ramai sebagai tempat bagi netter untuk membahas mengenai peredaran uang koin Indonesia lama yang unik tersebut.

Selain mencetak uang kertas atau logam biasa, ternyata Bank Indonesia (BI)  juga menerbitkan dan memiliki berbagai macam koleksi mata uang koin atau logam yang berbahan dasar emas.

Dikutip melalui situs resmi Bank Indonesia, koin pecahan Rp 100.000 diterbitkan pada 1 Oktober 1974 ketika zaman RI Kesatuan.

Uang koin tersebut merupakan uang logam khusus Bank Indonesia seri cagar alam/1974. Warna dominan pada uang koin bagian depan dan belakang adalah kuning emas.

Memiliki berat 33,347 gram, tebal 2,49 mm, dan berdiameter 34,00 mm. Uang koin ini memiliki ciri-ciri pada bagian depan terdapat gambar lambang negara Garuda Pancasila, dengan tulisan "BANK INDONESIA".

Pada bagian belakang koin yaitu terdapat gambar komogo dan bertuliskan nominal "Rp 100.000". Berbentuk bulat pipih, sedangkan pada bagian samping koin bergerigi.

Uang logam khusus yang telah dikeluarkan BI tidak hanya nominal Rp 100.000 saja namun juga pernah mengeluarkan nominal dengan nilai yang lebih tinggi yaitu Rp 850.000.

Beredarnya gambar bentuk uang koin pecahan Rp 100.000 ini beberapa netter ada yang mempertanyakan tentang keaslian uang koin ini.

"Ada uang Rp 100.000 koin taun 1974? Ini emang bener ada atau enggak yah? Nanya mamah, katanya perasaan..." tulis @anggalnp17 melalui akun Twitter.

"Klo jatuh terus ilang bikin ngs ki #cinta rupiah #uangkoin," tulis @asty_rasty melalui unggahan foto di Instagram. [tbn]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top