Suami Harus Tahu, Inilah 10 Ciri Kelelahan Seorang Istri Dalam Mengurus Rumah



Terkadang suami kurang menyadari atau kurang peka dengan keadaan istri dalam mengurus rumah dan anak-anak. Peran seorang istri begitu banyak dalam mengurus itu semua, mulai dari mengurus rumah dan belum lagi anak yang terkadang menangis, sehingga sang istri cepat mudah meluapkan emosinya. Salah satu faktornya itu semua adalah karena faktor kelelahan.


Maka tak pantas seorang suami memarahi istrinya apabila ada kekurangan dalam mengurus pekerjaan rumah. Dan apabila seorang istri marah kepada suaminya itu adalah hal yang wajar saja.

Kita bisa lihat kisah dari Umar bin Khattab yang dikenal sebagai seorang sahabat Nabi yang tegas bahkan setan pun takut saat melihat sosoknya. Tapi ketika Umar dimarahi oleh istrinya. Umar justru tidak balik memarahi istrinya, tapi justru dia hanya diam mendengarkan keluhan dari istrinya itu.

Umar pun mengatakan "Bagaimana aku bisa marah kepada istriku karena dialah yang mencuci bajuku, dialah yang memasak roti dan makananku, ia juga yang mengasuh anak-anakku, padahal semua itu bukanlah kewajibannya," jawabnya.

Berikut ini 10 kelelahan istri yang harus perlu diketahui oleh suami:

1. Uring-Uringan
Jika seorang istri sering uring-uringan saat mengerjakan pekerjaan rumah ataupun mengasuh anak, maka bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa istri mengalami kelelahan. Cobalah bertanya dengan baik tanpa harus memarahinya. Jika pun bisa dibantu, seorang suami harus membantu istrinya.

2. Kurang Keseimbangan
Amatilah ketika istri membawakan kopi ataupun teh kepada kita. Jika banyak yang tercecer ke lantai, maka sudah dipastikan ia kurang memiliki keseimbangan karena kelelahan. Berilah waktu istri untuk istirahat dan pastikan beberapa tugas yang biasa dilakukan seorang istri di-handle oleh suami.

3. Mendadak Pelupa
ketika dahulu pertama bertemu, istri nampak begitu mudah mengingat sesuatu, bahkan ingatannya sangat tajam. Namun apabila setelah menikah ingatannya menjadi berkurang atau pelupa seperti lupa mengunci pintu ketika keluar ataupun lupa menaruh dompet dimana, maka itu pun salah satu tanda kelelahan.

4. Menjadi Pemarah
Seorang istri yang kelelahan akan lebih mudah melampiaskan emosinya. Contohnya seperti istri yang marah kepada anaknya yang tidak mau membereskan mainannya, dan istri yang marah ketika anak atau suami datang terlambat. Karenanya, istri demikian harus diberi perhatian yang disertai dengan pengarahan agar tidak mudah meluapkan emosinya.

5. Tidak Mampu Berkonsentrasi
Ketika suami dan istri tengah bersama duduk di sore hari, cobalah tanya tentang anak-anak. Jika bicaranya tidak nyambung atau bahkan tidak menjawab, mungkin itu gejala kelelahan akibat pekerjaan yang harus ia bereskan di rumah.

6. Lupa Merawat Diri
Jika istri kini mulai tidak pernah merawat diri dan bahkan seringkali wajahnya kusut tidak karuan, hati-hatilah karena bisa jadi itu merupakan tanda kelelahan yang tidak disadari seorang suami. Sebuah kelelahan yang amat sangat sehingga waktu untuk melakukan perawatan pun tidak ada.

7. Mudah Gelisah Dan Tidak Tenang
Ciri istri yang kelelahan selanjutnya adalah mudah gelisah dalam sikap diamnya. Jika terus dibiarkan kelelahan bisa menjadi stress yang berkepanjangan.

8. Mudah Tertidur
Pasangan suami istri memang sudah seharusnya melaksanakan kebutuhan biologisnya. Meski begitu jangan langsung menyalahkan seorang istri jika ternyata istri mudah tertidur ketika suami tengah bersiap-siap. Kondisi ini memperlihatkan bahwa istri memang sangat kelelahan dengan aktivitasnya.

9. Kesehatan Menurun
Salah satu gejala kelelahan atau kecapean menurut medis adalah flu dan batuk. Ini karena sistem imunitas ketika kelelahan akan menjadi lemah sehingga mudah dimsuki oleh virus atau bakteri. Oleh karenanya jangan remehkan kelelahan karena berdampak buruk bagi kesehatan.

10. Suhu Tubuh Semakin Panas
Selain sakit flu ataupun pilek, seseorang yang mengalami kelelahan fisik juga memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi.




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top