Wujud Malaikat Munkar Dan Nakir Di Alam Kubur Ketika Mendatangi Orang Mukmin Dan Orang Kafir



Ibnu Mandah rahimahullah, meriwayatkan dari jalur Isa bin Al-Musyaib, dari Adi bin Tsabit, dari Al-Barra bin Azib ra, dari Nabi saw, beliau menyebutkan mengenai orang mukmin (di dalam kubur). Rasulullah saw bersabda:


"Kemudian malaikat Munkar dan Nakir mendatanginya dalam keadaan gigi taring keduanya membajak tanah dan rambut-rambut mereka keduanya menyapu bumi, lalu keduanya mendudukannya."

Rasulullah saw juga menyebutkan hal yang sama mengenai orang kafir dan beliau saw menambahkan:

"Suara keduanya (malaikat Munkar dan Nakir) bagaikan guntur yang bergemuruh, mata keduanya laksana kilat yang menyambar." Beliau saw melanjutkan: "Kemudian kedua malaikat itu memukulnya dengan palu godam dari besi, seandainya berkumpul padanya seluruh makhluk yang ada di antara barat dan timur (untuk mengangkatnya) niscaya mereka tidak akan mampu mengangkatnya." [1]

Kedua matan hadis menggambarkan bahwa malaikat datang kepada orang mukmin, dan orang kafir dalam rupa yang seram lagi jelek. Namun sikapnya kepada orang mukmin tidaklah sekasar sikapnya kepada orang kafir. Kedua malaikat akan memukul orang kafir dengan palu godam dari besi. Bayangkan saja, palu ini tidak akan mampu diangkat oleh seluruh makhluk di muka bumi. Maka bagaimana beratnya itu, ya Allah ampunilah kami. Dan segala puja dan puji hanya bagi Allah Ta'ala semata.

[1] Diriwayatkan oleh Abu Dawud, No. 4753-4754 Kitab Tentang Sunnah, Bab Tentang Pertanyaan Alam Kubur dan Siksa Kubur, Ahmad dalam Al-Musnad (4/287), 295-296, Syarah as-Sunnan No. 1365 dan 1368; al-Mushanaf No. 6737, Ibnu Mandah No 1064: Abu Nu'aim dalam Hilyah a-Auliyah (9/56); dan Al-Hakim (1/37-40). Ini adalah hadis hasan. [catatan kaki serta hadis ini kami nukil dari Kitab Awal al-Qubur wa Ahwal Ahliha Ibnu Rajab Al-Hambali, Hal. 16].




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top