Ketua Mahkamah Alabama AS Dipecat Karena Melarang Pernikahan Sesama Jenis



Ketua Mahkamah Alabama AS, Roy Moore terancam dipecat dari jabatannnya. Sebelumnya, ia sempat digulingkan dari jabatannya lebih dari satu dekade lalu karena menampilkan Sepuluh Perintah Tuhan. Dan kini ia menghadapi kemungkinan penghapusan dari jabatannya kembali setelah ia mencegah pernikahan sejenis.


Moore didepak dari jabatannya lantaran Mahkamah Agung AS telah melegalkan pernikahan sesama jenis secara nasional, Time melaporkan pada Ahad (8/5/2016).

Komisi Yudisial Alabama telah mengirim pesan pada Jumat (6/5/2016) yang mengajukan tindakan Moore. Komisi ini mengatakan bahwa Moore telah menyalahgunakan jabatannya dengan tidak menghormati pengadilan yang lebih tinggi. Moore, 69, secara otomatis diskors dari kursinya sampai ada resolusi.

"Dengan mengeluarkan perintah sepihaknya pada 6 Januari 2016, Ketua Mahkamah Moore secara terang-terangan mengabaikan hak konstitusional dasar yang dijamin di semua negara bagian, sebagaimana telah diputuskan oleh Mahkamah Agung AS," tulis Komisi Yudisial dalam dakwaannya terhadap Moore. [isp]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top