Mau Tahu Supaya Saldo Tabungan Anda Bertambah Terus Tiap Bulan? Lakukan Cara Ini



Gaji adalah salah satu hak yang diterima oleh seseorang yang bekerja dengan orang lain. Dan tingkat kesejahteraan seseorang biasanya dilihat dari seberapa besar gajinya. Normalnya, semakin besar gaji seseorang pastinya semakin sejahtera juga kehidupan orang tersebut.


Namun tidak jarang juga orang gagal mapan karena sangat boros terhadap gajinya. Belum sampai akhir bulan gajinya sudah ludes. Lalu bagaimana cara menghemat gaji? Berikut ini beberapa tipsnya untuk Anda.

1. Membuat Daftar Kebutuhan Belanja

Berapa banyak uang belanja yang Anda sediakan untuk satu bulan? Normalnya Anda pasti punya kebutuhan belanja bulanan pokok atau yang pasti Anda butuhkan selama satu bulan. Kalau bisa, Anda buat daftar kebutuhan Anda selama satu bulan dan buat list harga-harga atau jumlah dana yang dibutuhkan. Setelah itu sisihkan uangnya, dan kalau ada sisa lebih baik gunakan utnuk kebutuhan belanja bulan berikutnya.

2. Jangan Jadi Pribadi Konsumtif

Banyak sekali anak-anak muda yang sudah bekerja, namun sayangnya mereka tidak bisa menabung. Alasan utamanya adalah kebiasaan hidup yang konsumtif. Jadi setelah menerima gaji, biasanya mereka langsung menghabiskannya untuk banyak hal. Lakukan penghematan mulai dari hal-hal sederhana, misalnya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, atau naik angkutan umum ke lokasi kerja supaya lebih hemat BBM.

3. Menabung di Bank

Menabung di rumah mungkin bisa menjadi alternatif lain untuk menyimpan uang. Namun sebaiknya Anda buat rekening bank dan sisihkan sebagian gaji Anda untuk ditabung di bank. Dengan demikian Anda punya simpanan untuk kebutuhan lain yang tidak terduga. Jadi semisal gaji bulanan Anda sudah habis dalam waktu singkat, Anda masih punya simpanan yang bisa Anda andalkan.

4. Jangan Terlalu Sering Keluar Rumah

Orang yang sering bepergian ke luar rumah biasanya jauh lebih boros ketimbang yang lebih banyak memanfaatkan waktu di rumah. Jadi jika Anda punya sisa gaji, lebih baik jangan sering-sering digunakan untuk berjalan-jalan ke luar rumah. Sebaiknya simpan atau tabung saja di rekening bank supaya bisa Anda jadikan investasi di kemudian hari.

5. Jangan Bawa Uang Tunai Terlalu Banyak

Terkait dengan poin nomor empat, bukan berarti Anda tidak boleh ke luar rumah. Boleh saja kalau hanya untuk sekadar refreshing supaya tidak stres karena pekerjaan. Namun ketika Anda ke luar rumah, usahakan jangan terlalu banyak membawa uang tunai. Anda hanya perlu menyiapkan kartu ATM yang pasti berguna apabila suatu ketika uang tunai Anda tidak cukup. Bawalah uang sesuai kebutuhan Anda saja. Misal Anda berniat untuk pergi ke cafe atau restoran, maka perkirakan dulu berapa jumlah uang yang mungkin bisa Anda habiskan.

6. Membeli Barang yang Murah

Murah tidak selamanya berarti murahan. Jadi Anda tidak perlu takut membeli barang-barang yang harganya murah. Hilangkan gengsi Anda supaya gaji Anda tidak cepat habis. Misalnya Anda ingin membeli pakaian. Carilah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan yang sesuai dengan keinginan. Pasalnya apa yang Anda inginkan belum tentu Anda butuhkan.

Bagaimana, apakah Anda setuju dengan ke enam cara barusan? Seberapa besar gaji Anda sebenarnya Anda sendiri yang menentukan. Jika Anda bisa berhemat, menabung dan memanfaatkan uang sesuai kebutuhan Anda saja, pastinya makin lama Anda akan merasakan gaji Anda semakin besar. Demikian tips singkat kali ini, semoga bisa Anda coba bulan depan. [M Sufyan/lp6]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top