Membuat Krim Soda Ternyata Sangat Mudah, Begini Langkah-Langkahnya



Minuman bersoda menjadi salah satu minuman favorit sebagian masyarakat saat ini. Tak heran banyak mini market menyediakan beraneka ragam jenis minuman soda. Tapi anda juga bisa membuat sendiri krim soda dirumah dan bahannya pun cukup sederhana serta mudah kita dapatkan. Penasaran gimana cara membuatnya? Mari simak caranya berikut ini, seperti dikutip dari wikihow.


Bahan:
  • 400 gr gula halus
  • 240 ml air
  • 1 batang vanili atau 1 sdm. (15 ml) ekstrak vanili atau pasta vanili
  • 1/2 sdt. jus lemon atau cream of tartar

Cara Membuatnya:
Rebuslah gula dan air di dalam panci. Rebus 400 gr gula halus dan 240 ml air, aduk rata sampai gula larut.

Masukkan vanili. Untuk rasa terbaik, keruk isi satu batang vanili, lalu aduk rata. Masukkan pula batang vanili yang sudah kosong untuk memperkuat rasanya. Jika sulit menemukan vanili batangan, Anda bisa menggantinya dengan 1 sdm. ekstrak vanili atau pasta vanili.

Masukkan 1/8 sdt jus lemon atau cream of tartar ke dalam larutan air gula. Selain berfungsi sebagai bahan pengawet alami, penambahan lemon atau cream of tartar juga akan membentuk gula inversi yang membuat rasanya menjadi lebih manis.

Diamkan larutan selama 5-10 menit. Panaskan larutan dengan api sedang, lalu diamkan larutan tersebut. Jika larutan terlihat hampir meluap, kecilkan api. Gunakan termometer untuk mengecek suhunya. Larutan siap digunakan jika sudah mencapai suhu 132ºC/270ºF, atau jika sudah mengental dengan konsistensi serupa sirop, permukaannya bergelembung, dan warnanya berubah menjadi cokelat gelap.

Dinginkan sirop selama 5 menit. Matikan panci, tunggu sampai suhu sirop menurun.

Diamkan selama 1 jam di suhu ruang. Biarkan sirop menyerap aroma vanili agar aroma dan rasa soda Anda semakin sedap.

Campurkan sirop dengan air soda dan es batu. Saat ingin diminum, tuangkan sirop ke dalam gelas berisi air soda dan es batu. Pertama-tama, cobalah mencampurkan 1-2 sdm. sirop ke dalam 360 ml air. Cicipi rasanya, sesuaikan dengan selera Anda. Salah satu keuntungan membuat krim soda sendiri adalah Anda bisa menyesuaikan kadar manisnya sesuai selera!

Tambahkan krim atau es krim (sesuai selera). Kebanyakan krim soda tidak benar-benar mengandung krim di dalamnya. Namun menambahkan satu sendok penuh krim atau setengah sendok krim dan setengah sendok es krim bisa membuat rasa dan teksturnya lebih sedap. Tambahkan satu sendok penuh es krim vanili jika Anda ingin menghidangkannya sebagai makanan penutup.




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top