Waspada PKI Mulai Bermunculan, Laporkan Ke Polisi Atau TNI Jika Temukan Atribut PKI



Masyarakat Diimbau Melapor ke Polisi atau TNI Jika Temukan Atribut PKI

Publik digegerkan dengan munculnya sebuah viral di media sosial Facebook soal 102.000 kaos bergambar palu arit di hari lahir Partai Komunis Indonesia (PKI) tanggal 9 Mei 2016.

Komandan Kodim 0505/Jakarta Timur Letkol Iwan Setiawan, menunjukkan bukti buku dengan judul Palu Arit di Ladang Tebu kepada wartawan di kantornya, Jalan DR Sumarno, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (3/5/2016)

Bahkan yang terkini, sebuah buku berjudul 'Palu Arit di Ladang Tebu' ditemukan di sebuah toko di daerah Jalan Dewi Sartika, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Terkait hal tersebut, Komandan Kodim 0505/Jakarta Timur Letnan Kolonel Iwan Setiawan meminta masyarakat untuk melapor jika menemukan hal serupa.

"Kami imbau kepada masyarakat jika menemukan hal-hal yang berbau seperti itu segera melapor kepada polisi atau kepada kami (TNI), terutama kepada komando kewilayahan untuk kami tindaklanjuti," kata Iwan kepada wartawan di kantornya, Jalan DR Sumarno, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (3/5/2016).

Dirinya mengingatkan isi TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966, soal larangan menyebarluaskan ajaran komunisme.

"Supaya masyarakat paham untuk kami tindak lanjuti pelarangan tersebut," katanya.

Selain itu pihaknya juga meningkatkan kewaspadaan dengan aktif mencari informasi intelejen. Untuk itu Iwan berharap agar warga khususnya di Jakarta Timur untuk mengerti.

"Kami antisipasi penyebaran kaos pamplet, stiker dan lain-lain," katanya.

Sebelumnya, sebuah buku dengan judul Palu Arit di Ladang Tebu, diamankan petugas dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0505/Jakarta Timur. Buku tersebut ditemukan pada hari Jumat 29 April 2016 kemarin.

"Sekitar pukul 18.30 WIB personil Kodam Kapten CKO Aan, berniat beli perlengkapan olahraga, di kawasan Jalan Dewi Sartika, Kramat Jati, Jakarta Timur, kemudian saat akan mencoba celana, masuk ke gudang toko tersebut, di ruang ganti terdapat sebuah buku dengan judul Palu Arit di Ladang Tebu," kata Iwan.

Selanjutnya kata Iwan, Kapten Aan melapor kepada staf intel Kodam Jaya/Jayakarta. Pihaknya sebagai pemegang komando kewilayahan langsung meluncur ke lokasi.

"Setelah di cek, buku tersebut masih ada di gudang. Kemudian kami meminta keterangan kepada saudara Dicky Firmansyah, penjaga toko, berdasarkan keterangan yang bersangkutan, bahwa buku tersebut beli di toko buku di wilayah," kata Iwan.

Lebih lanjut menurutnya, buku tersebut langsung diamankan sebagai barang bukti dan dilaporkan ke staf intel Kodam Jaya/Jayakarta.

"Dari pengakuan yang bersangkutan dia memiliki hobi membaca buku, jadi berbagai macam buku dibaca termasuk buku ini," katanya.

Untuk diketahui, penemuan buku ini sempat menjadi viral di media sosial. Dalam akun Facebook Mabes TNI Community, buku dengan sampul berwarna merah itu diletakan disebuah pot tumbuhan.

"Info yang beredar, buku ini beredar di sebuah toko di daerah Jl. Raya Dewi Sartika, Kel Cililitan, Kec Kramat Jati Jaktim," tulis akun tersebut 30 April 2016 kemarin. [Media Hankam]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top