Salman Eks SO7, Perkenalkan Replika Sandal Nabi Muhammad SAW, Ada Yang Berminat?



Ingat Sakti eks Sheila on 7? Ia kini seorang ustaz, namanya Salman Al-Jugjawy. Di Instagram ia kenalkan replika sandal Nabi Muhammad SAW, simak ini, Sabtu (9/7/2016).


"Bentuk Sandal Rasulullah Shallaahu 'alaihi wa sallam, dalam hadits diriwayatkan Abu Qatadah radhiallahu 'anhu.

"Bagaimanakah sandal Rasulullah shallaahu 'alaihi wa sallam itu?"

"Anas radhiallahu 'anhu menjawab : "Kedua belahnya mempunyai tali qibal (tali sandal yang bersatu pada bagian mukanya dan terjepit di antara dua jari kaki) (HR. Abu Daud)."

Demikian tulis Salman Al-Jugjawy di akun Instagram miliknya.

Ia juga menulis bila ada yang berminat ia menyediakan bisa pesan melalui kontak yang tersedia.

Replika Sandal Nabi Muhammad SAW

"Alhamdulillah tersedia replika sandal Nabi Shallaahu 'alaihi wa sallam... Di @aljugjawy.co, 081280035369, IDR 250 ribu (belum ongkir)."

Demikian tambahan keterangan pada foto replika sandal yang diposting di Instagram Ustaz Salman Al-Jugjawy.

Pada postingan tersebut ada netizen yang bertanya bolehkah sandal ini dipakai atau hanya digantung untuk memuliakannya, Ustaz Salman Al-Jugjawy langsung menjawab.

"Assalam.. Mau tanya, replika ni boleh dipakai sesuai sunnah atau digantung aja demi memuliakannya..? Jzkk," demikian tulis akun Assalikin_mujahadah.

"@assalikin_mujahadah in sya Allah boleh dipakai sesuai sunnah.. wa iyyakum.."

Itu jawaban Ustaz yang langsung di-mention ke akun Instagram penanya.

Sandal Nabi Muhammad SAW
Sebuah blog mengupas tentang Sandal Nabi Muhammad SAW. Blog dengan nama Maktabahzein menulis bahwa sandal Nabi Muhammad SAW terbuat dari kulit sapi yang sudah tidak ada bulunya.

Sandal tersebut berlapis-lapis dan dijahit, mempunyai lekuk tapak kaki, dan berbentuk seperti lidah, mempunyai tumit, dan berwarna kuning.

Sandal Nabi memiliki dua tali pengikat, salah satunya berada antara ibu jari dan telunjuk kaki, sedangkan yang lain berada di antara jari tengah dan jari manis.

Msaih dikutip dari blog tersebut, diriwayatkan dari sahabat Ibnu ‘Umar bahwa Nabi Muhammad memakai sandal as Sibtiyyah, yaitu sandal kulit yang sudah tidak rada bulunya.

"Sungguh aku melihat Rosululloh memakai sandal yang tidak ada bulunya, dan beliau berwudhu dengannya, maka aku pun senang untuk memakainya." (Wasa"ilul Wushul, hal. 128).

Dari yang tertulis dalam kitab-kitab terdahulu beberapa nama Rosululloh adalah Shohibun Na’laini (pemilik dua sandal).

Sebab memakai sandal adalah kebiasaan orang Arab.
Nabi memiliki dua sandal, dan delapan khuf (sepatu kulit) dan berjalan dengan memakai sandal dan kadang juga tidak memakai sandal, tak terkecuali bila Nabi Muhammad SAW berangkat ibadah, dengan tawadhu’.


Gambar sandal di atas dibuat oleh Syeikh yang Yusuf bin Isma’il an-Nabhaniy, seorang pecinta sejati Nabi yang menghabiskan umurnya untuk berkhidmah di bidang tulis menulis.

Gambar tersebut dinukil dari kitab Fathul Muta’al karya al-‘Allamah Ahmad al-Muqriy, yang berasal dari ulama terdahulu, dan telah direkomendasikan oleh para ulama dan huffadh seperti as-Suyuthi, as-Sakhowiy, dan ad- Daimiy.

Walaupun hanya berupa gambar, tapi karena pemilik sandal ini adalah pemimpin para Rosul, maka gambarnya pun dipercaya banyak sekali memiliki barokah.

[Sumber: tribunnews]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top